Tuesday, September 15, 2015

Tutorial Mikrokontroler Arduino Genuino UNO


Sebelum melanjutkan ke Tutorial Mikrokontroler Arduino Genuino UNO. Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu Arduino / Genuino Uno. Arduino / Genuino Uno adalah modul mikrokontroler yang memiliki mikroprosesor ATmega328P sebagai pusat pengendalinya. Arduino / Genuino Uno ini memiliki 14 digital pin baik itu sebagai input ataupun output, dimana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM, 6 pin sebagai input analog, memiliki kristal 16 MHz sebagai osilator, koneksi USB, jack listrik, header ICSP serta tombol reset. Arduino / Genuino Uno ini juga berisi semua yang diperlukan untuk mendukung kerja mikrokontroler; Untuk menggunakannya anda dapat menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau bisa juga dengan adaptor AC-DC atau baterai DC. Anda bisa bermain-main dengan Arduino UNO ini tanpa khawatir melakukan sesuatu yang salah. Jika terjadi sesuatu yang terburuk, Anda dapat mengganti chip ATmega328P untuk memulai dari awal lagi.


"Uno" berarti yang artinya satu dalam bahasa Italia. Istilah "UNO" ini dipilih untuk menandai pelepasan Arduino Software (IDE) 1.0. Uno board dan versi 1.0 dari Arduino Software (IDE) merupakan versi referensi(pertama) dari Arduino, dan sekarang telah berkembang untuk rilis yang lebih baru. Uno board merupakan yang pertama dalam serangkaian seri board USB Arduino, dan merupakan model referensi untuk platform Arduino. Untuk daftar ekstensif board saat ini, serta board masa lalu atau yang sudah lewat zamannya dapat dilihat pada board indeks Arduino.

Arduino/Genuino Uno merupakan hardware open-source! Anda bisa membuat board sendiri dengan menggunakan file yang disediakan oleh arduino uno:

Pemrograman
Arduino / Genuino Uno dapat diprogram dengan Software Arduino (IDE). Pilih menu pada "Arduino / Genuino Uno" dari menu Tools> Board (sesuai dengan mikrokontroler yang anda gunakan). Untuk rincian, lihat referensi dan tutorial. Mikroprosesor ATmega328 pada Arduino / Genuino Uno dapat diprogram dengan menggunakan bootloader, bootloader tersebut memungkinkan Anda untuk meng-upload kode baru tanpa harus menggunakan programmer hardware eksternal. Bootloader tersebut berkomunkasi dengan menggunakan protokol asli STK500 (referensi, file header C). Anda juga dapat meload program melalui ICSP (In-Circuit Serial Programming) tanpa menggunakan bootloader atau dapat menggunakan Arduino ISP atau yang lainnya. Anda dapat lihat petunjuk untuk rincian. ATmega16U2 (atau 8U2 Rev 1 dan board rev2) kode sumber dari firmware telah tersedia dalam repositori Arduino. ATmega16U2 / 8U2 dimuat dalam bootloader DFU, yang dapat diaktifkan dengan:
  
- Pada board Rev 1: menghubungkan jumper solder pada bagian belakang papan (dekat peta Italia) dan kemudian rese ing 8U2.  
-Di papan Rev2 atau kemudian: ada resistor yang menarik 8U2 / 16U2 HWB baris ke tanah, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam mode DFU.

Anda kemudian dapat menggunakan FLIP software Atmel (Windows) atau programmer DFU (Mac OS X dan Linux) untuk memuat firmware baru. Atau Anda dapat menggunakan header ISP dengan programmer eksternal (Timpa bootloader DFU). Lihat kontribusi pengguna tutorial ini untuk informasi lebih lanjut.

Peringatan

Arduino / Genuino Uno memiliki polyfuse reset yang melindungi port USB komputer Anda dari arus pendek dan arus lebih. Meskipun kebanyakan komputer memberikan perlindungan internal mereka sendiri, sekering akan memberikan lapisan tambahan perlindungan. Jika lebih dari 500 mA diterapkan ke port USB, sekering otomatis akan memutuskan sambungan  pendek atau overload.Perbedaan dengan board lainnya, Uno berbeda dari semua board sebelumnya yang dalam hal itu tidak menggunakan FTDI chip driver USB-to-serial. Sebaliknya, fitur Atmega16U2 (Atmega8U2 sampai versi R2) diprogram sebagai konverter USB-to-serial.

Catu Daya
Board Arduino / Genuino Uno dapat dihidupkan melalui koneksi USB atau dengan catu daya eksternal (dari luar seperti adaptor). Sumber daya dapat dipilih secara otomatis.Eksternal (non-USB) daya dapat datang baik dari adaptor AC-DC (wall-kutil) atau baterai. Adaptor dapat dihubungkan dengan mencolokkan steker 2.1mm pusat-positif ke colokan listrik. Lead dari baterai dapat dimasukkan dalam GND dan Vin pin header power konektor.
Rangkaian/board dapat beroperasi pada catu daya eksternal berkisar antara 6-20 volt. Jika rangkaian dicatu daya kurang dari 7V, sehingga, pin 5V akan mensupply tegangan kurang dari 5V dan rangkaian akan menjadi tidak stabil. Jika menggunakan lebih dari 12V, regulator tegangan akan menjadi panas dan dapat merusak rangkaian arduino. Kisaran catu daya yang disarankan adalah 7 sampai 12 volt.

Pin catu daya harus mempunyai spesifikasi sebagai berikut:
- Vin. Tegangan input ke board Arduino / Genuino ketika menggunakan catu daya eksternal.  Anda dapat memberikan catu daya melalui pin ini, jika ingin memasok catu daya dari adaptor melalui colokan listrik, anda dapat mengaksesnya melalui pin ini.  
- Pin 5V.Keluaran 5V diatur dari regulator di board. board dapat diberi catu daya dari colokan listrik DC (7 - 12V), konektor USB (5V), atau pin VIN board (7-12V). memberikan tegangan melalui 5V atau 3.3V pin secara langsung tanpa melewati regulator, dapat merusak board Anda. Kami tidak menyarankan itu.  
- 3V3. Sebuah pasokan 3,3 volt yang dihasilkan oleh regulator on-board. Besar Arus maksimum adalah 50 mA.  
- GND. Pin tanah/grounding.  
- IOREF. Pin ini di board Arduino / Genuino memberikan tegangan referensi di mana mikrokontroler beroperasi. Sebuah perisai dikonfigurasi yang dengan benar dapat membaca  tegangan pin IOREF dan memilih catu daya yang tepat atau mengaktifkan penerjemah tegangan pada output untuk bekerja pada tegangan 5V atau 3.3V.

Memory
ATmega328 memiliki 32 KB (0,5 KB ditempati oleh bootloader). Ia juga memiliki 2 KB  SRAM dan 1 KB EEPROM.

Input dan Output
Lihat pemetaan antara pin Arduino dan port ATmega328P. Pemetaan untuk ATmega8, 168, dan 328 memiliki kesamaan.

Masing-masing dari 14 pin digital pada Uno dapat digunakan sebagai input atau output, menggunakan pinMode (), digitalWrite (), dan digitalRead () fungsi. Pin-pin tersebut beroperasi pada tegangan 5 volt. Setiap pin dapat memberikan atau menerima  arus sebesar 20 mA sebagai kondisi operasi yang direkomendasikan dan memiliki pull-up resistor internal yang (terputus secara default) dari 20-50k ohm. Maksimal 40mA adalah nilai yang tidak boleh melebihi pada setiap I / O pin untuk menghindari kerusakan permanen ke mikrokontroler.

Selain itu, beberapa pin memiliki fungsi khusus:
- Serial: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima (RX) dan mengirimkan (TX) TTL data serial. Pin ini terhubung ke pin yang sesuai dari ATmega8U2 USB-to-TTL Serial Chip.    - Interupsi eksternal: 2 dan 3. Pin ini dapat dikonfigurasi untuk memicu interupsi pada nilai rendah, naik atau jatuh tepi, atau perubahan nilai. Lihat attachInterrupt () fungsi untuk rincian.  
- PWM: 3, 5, 6, 9, 10, dan 11. Memberikan 8-bit PWM output dengan analogWrite () fungsi. - SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK). Pin ini mendukung komunikasi SPI menggunakan perpustakaan SPI. 
- LED: 13. Ada built-in LED didorong oleh pin digital 13. Ketika pin adalah nilai TINGGI, LED menyala, ketika pin RENDAH, itu off.  
- TWI: pin A4 atau SDA dan A5 atau pin SCL. Dukungan komunikasi TWI menggunakan perpustakaan Wire.

Uno memiliki 6 input analog, berlabel A0 hingga A5, yang masing-masing menyediakan 10 bit resolusi (yaitu 1024 nilai yang berbeda). Secara default mereka mengukur dari ground(0V) hingga ke 5 volt, meskipun mungkin untuk mengubah ujung atas jangkauan mereka dengan menggunakan pin AREF dan fungsi analogReference ().

Ada beberapa pin lainnya di papan:
- AREF. Tegangan referensi untuk input analog. Digunakan dengan fungsi analogReference ().  
- Reset. Digunakan untuk me-reset mikrokontroler. Biasanya digunakan untuk menambahkan tombol reset sebagai perisai yang menghalangi satu dengan lainnya di board.

Komunikasi
Arduino / Genuino Uno memiliki sejumlah fasilitas untuk berkomunikasi dengan komputer, board Arduino / Genuino lainnya, atau mikrokontroler lainnya. ATmega328 menyediakan UART TTL (5V) komunikasi serial, yang tersedia pada pin digital 0 (RX) dan 1 (TX).  saluran papan komunikasi serial pada ATmega16U2 melalui USB dan ditampilkan sebagai virtual com port untuk perangkat lunak pada komputer. The 16U2 firmware menggunakan driver standar USB COM, dan tidak ada driver eksternal yang dibutuhkan. Namun, pada Windows, file .inf diperlukan. Arduino Software (IDE) termasuk monitor serial yang memungkinkan data tekstual sederhana yang akan dikirim ke dan dari papan. RX dan TX LED di papan akan berkedip ketika data sedang dikirim melalui chip dan USB koneksi USB-to-serial ke komputer (tetapi tidak untuk komunikasi serial pada pin 0 dan 1).Sebuah library SoftwareSerial memungkinkan komunikasi serial pada salah digital pin Uno.
ATmega328 juga mendukung I2C (TWI) dan komunikasi SPI. Arduino Software (IDE) termasuk library bus untuk menyederhanakan penggunaan bus I2C; lihat dokumentasi untuk rincian. Untuk komunikasi SPI, menggunakan perpustakaan SPI.

Otomatis Reset (Software)

Daripada membutuhkan penekanan tombol reset secara fisik sebelum upload, papan Arduino / Genuino Uno dirancang dengan cara yang memungkinkan untuk mengatur ulang(reset) oleh perangkat lunak yang berjalan pada komputer yang terhubung. Salah satu jalur hardware flow control line(DTR) dari ATmega8U2 / 16U2 terhubung ke reset dari ATmega328 melalui 100 nanofarad kapasitor. Ketika flow control line ini bersinyal rendah, lines reset  akan cukup lama untuk me-reset chip. Arduino Software (IDE) menggunakan kemampuan ini untuk memungkinkan Anda untuk meng-upload kode dengan hanya menekan tombol upload di toolbar antarmuka. Ini berarti bahwa bootloader dapat memiliki batas waktu yang lebih pendek, seperti penurunan DTR dapat terkoordinasi dengan baik dengan dimulainya upload.Pengaturan ini memiliki implikasi lain. Ketika Uno terhubung ke salah satu komputer yang menjalankan Mac OS X atau Linux, itu me-reset setiap kali sambungan dibuat untuk itu dari perangkat lunak (melalui USB). Untuk berikut setengah detik atau lebih, bootloader berjalan pada Uno. Sementara itu diprogram untuk mengabaikan data yang cacat (yaitu apa-apa selain upload kode baru), itu akan mencegat beberapa byte pertama dari data yang dikirim ke papan setelah sambungan dibuka. Jika berjalan sketsa di papan menerima konfigurasi satu-waktu atau data lain ketika pertama kali dimulai, memastikan bahwa perangkat lunak dengan yang berkomunikasi menunggu kedua setelah membuka sambungan dan sebelum mengirim data ini. Board Uno berisi jejak yang dapat dipotong untuk menonaktifkan auto reset. Bantalan di kedua sisi jejak dapat disolder bersama untuk mengaktifkan kembali itu. Ini berlabel "RESET-EN". Anda juga mungkin dapat menonaktifkan auto-ulang dengan menghubungkan ohm resistor 110 dari 5V ke garis reset. anda lihat thread forum ini untuk rincian.

Beberapa informasi Arduino  / Genuino UNO:
  1. Info garansi Garansi arduino genuino
  2. Informasi untuk menkonfigurasi board kunjung
  3. Arduino software Download 
  4. Dowload Datasheet ATMega328P
  5. PCB Arduino Download PCB Arduino Eagle File Zip
  6. Schematic Arduino Schematic Arduino Download Pdf
  7. Ukuran board arduino download ukuran board arduino
Help Arduino :
  1. Software Forum
  2. Project Forum  
  3. Customer Support
Tutorial Mikrokontroler Arduino Genuino UNO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.