Saturday, July 29, 2017

Jenis-jenis Trapesium

Jenis-jenis trapesium. Trapesium merupakan bangun datar yang terdiri dari empat buah sisi yang saling berhadapan satu dengan lainnya. Trapesium terdiri dari tiga jenis trapesium di antaranya adalah trapesium sembarang, trapesium siku-siku dan trapesium sama kaki. Ketiga trapesium ini (trapesium sembarang, trapesium sama kaki dan trapesium siku-siku) memiliki sifat-sifat yang berbeda satu dengan lainnya, sifat-sifat tersebutlah yang membedakan jenis trapesium tersebut. Tentu saja karena beda jenis maka trapesium tersebut memiliki sifat-sifat yang berbeda. Adapun difat-sifat trapesium tersebut dapat anda baca pada artikel saya sebelumnya yang membahas tentang sifat-sifat trapesium.

Jenis-jenis trapesium tersebut akan saya jelaskan di bawah ini beserta gambar, agar anda dapat memahaminya secara mudah:

1. Trapesium sembarang
Anda bisa melihat bentuk dari trapesium sembarang yang terdapat di bawah ini. Ciri khas dari trapesium sembarang yang anda lihat di bawah ini adalah ke empat sisi dari trapesim ini tidak sama ukurannya. Jadi jika anda melihat sebuah bangun datar yang memiliki empat sisi, namun antara sisi-sisinya tidak memiliki ukuran panjang yang sama serta sudut-sudut yang mengapit diantara sisi-sisinya tidak ada yang sama satu dengan lainnya, ini berarti trapesium yang anda jumpai adalah trapesium sembarang.

trapesium sembarang
Gambar trapesium sembarang



2. Trapesium sama kaki
Trapesium sama kaki. Dari namanya saja kita bisa menebak bahwa trapesium sama kaki memiliki ukuran sisi kaki-kaki yang sama panjangnya. Tampak dari gambar bahwa panjang sisi AC sama dengan panjang sisi BD. Karena sisi yang sama tersebut maka sudut A sama dengan sudut B serta sudut C sama dengan sudut D.
Trapesium sama kaki
Gambar Trapesium sama kaki

3. Trapesium Siku siku 
Trapesium siku-siku. Dari namanya juga, kita bisa menebak bahwa trapesium siku-siku tersebut terdapat sudut siku-siku pada salah satu sudutnya. Sudut siku-siku terbentuk akibat salah satu sisinya berdiri tegak terhadap sisi yang lainnya. Anda bisa melihat gambar trapesium siku-siku di bawah, bahwa sisi AC tegak lurus membentuk sudut 90 derajat terhadap sisi CD.
Trapesium siku-siku
Gambar Trapesium siku-siku

Demikianlah jenis-jenis trapesium yang terdapat saat ini, jika anda ingin mengetahui sifat-sifat trapesium, anda bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya yang menjelaskan tentang sifat-sifat trapesium.
Jenis-jenis Trapesium Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.