Wednesday, April 29, 2015

Pola Radiasi Antena

Pada tutorial kali ini akan dibahas pembelajaran pada bidang telekomunikasi yaitu pada antena. antena adalah sebuah obyek atau alat yang berguna untuk mengirim maupun menerima gelombang elektromagnetik. Penggunaan antena bergantung kepada pemakaian dan penggunaan frekuensinya. Jadi macam-macam antena tergantung dari penggunaan frekuensinya. antena bisa terdiri dari berbagai bentuk, mulai dari seutas kabel, dipole, ataupun yagi, dsb. Antena merupakan perangkat pasif tanpa catu daya(power), yang tidak bisa meningkatkan kekuatan sinyal radio, dia seperti reflektor pada sebuahlampu senter, hanya membantu mengkonsentrasikan dan memfokuskan sinyal.

Kekuatan dalam mengkonsentrasikan dan memfokuskan sinyal radio, satuan ukurnya adalah dB. Jadi ketika nilai dB bertambah semakin besar, maka jangkauan jarak yang bisa ditempuhnya pun bertambah. Jenis antena yang kita pasang harus cocok dengan sistem yang akan kita bangun, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan penyebaran sinyalnya. Secara umum ada dua jenis antena yaitu :

  1. Directional
  2. Omni Directional
Fungsi sebuah antena

Fungsi dari antena adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik, lalu meradiasikannya (Pelepasan energy elektromagnetik ke udara / ruang bebas). Dan juga sebaliknya, antena juga bisa berfungsi untuk menerima gelombang elektromagnetik (Penerima energy elektromagnetik dari udara /ruang bebas ) dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Pada sistem komunikasi satelit, sering kita jumpai sebuah antena dapat melakukan kedua fungsi (peradiasi dan penerima) sekaligus. Namun, pada sebuah teleskop radio, antena hanya menjalankan fungsi penerima saja.

Karakter sebuah antena

Ada beberapa jenis karakter penting antena yang perlu dipertimbangkan jika kita memilih jenis antena untuk suatu aplikasi (termasuk untuk digunakan pada sebuah teleskop radio), yaitu pola radiasi, directivity, gain, dan polarisasi. Karakter-karakter ini umumnya sama pada sebuah antena, baik ketika antena tersebut menjadi peradiasi atau menjadi penerima, untuk suatu frekuensi, polarisasi, dan bidang irisan tertentu. Misalnya, David Welkinson (0806322514) ingin membeli antena maka untuk mendapatkan antena yang sesuai dengan fungsi yang dinginkan, ia harus memimilih antena dengan karakter yang sesuai dengan fungsi yang dia inginkan.

Pola radiasi

Pola radiasi antena adalah plot 3-dimensi distribusi sinyal yang dipancarkan oleh sebuah antena, atau plot 3-dimensi tingkat penerimaan sinyal yang diterima oleh sebuah antena. Pola radiasiantena dibentuk oleh dua buah pola radiasi berdasar bidang irisan, yaitu pola radiasi pada bidang irisan arah elevasi (pola elevasi) dan pola radiasi pada bidang irisan arah azimuth (pola azimuth).

Kedua pola di atas akan membentuk pola 3-dimensi. Pola radiasi 3-dimensi umumnya disebut dengan pola radiasi antena dipole. Sebuah antena yang mengirim atau meradiasikan sinyalnya sama besar ke segala penjuru arah disebut sebagai antena isotropis. Antena seperti ini memiliki pola radiasi berbentuk seperti bola. Namun, jika antena mempunyai arah tertentu, di mana pada arah tersebut pengiriman sinyalnya lebih besar dibandingkan pada arah lain, maka berarti antena ini memiliki directivity Semakin besar..

Untuk mengetahui pola radiasi dari antena. kita dapat menguji cobakannya dengan menggunakan alat keluaran elektron type B4520 dan B4521.

Berikut akan ditunjukkan cara pemasangan alat ini pada video pola radiasi antena di bawah

lihat video
Pola Radiasi Antena Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.