Wednesday, November 2, 2016

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Kalkulator Penghitungnya


Cara Menghitung Berat Badan Ideal. Bagaimanakah cara menghitung berat badan ideal bagi laki-laki dan perempuan? Seperti yang telah kita ketahui, berat badan ideal merupakan dambaan bagi setiap orang. Berat badan ideal juga merupakan simbol kesehatan, yang mana jika seseorang bisa menjaga berat badannya secara ideal, berarti seseorang tersebut bisa mengatur pola makan dan pola hidup sehat.

Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal baik untuk pria maupun wanita, dan terdapat juga beberapa macam rumus untuk menghitungnya. Namun anda dapat memilih cara mana yang akan anda gunakan untuk menentukan berat badan ideal anda. 

Sebelum membahas lebih lanjut secara detail rumus untuk menghitung berat badan ideal. Terlebih dahulu saya akan memberikan tool berupa kalkutator untuk menghitung berat badan ideal anda. Berikut di bawah ini terdapat kalkulator berat badan badan ideal. Kalkulator akan menghasilkan nilai BMI dan pengkategorian BMI. Kategori dan nilai BMI pada kalkulator ini berdasarkan pada rumus BMI yang disepakati oleh badan WHO yang telah disepakati pada tahun 1997.



Berat Badan : kg
Tinggi Badan :
Etnis :
Hasil :
Kategori :



Cara menghitung berat badan ideal
Gambar 1 Cara menghitung berat badan ideal

Cara Menghitung BMI

BMI (Body Mass Index) atau dikenal juga dengan sebutan IMT (Indek Massa Tubuh) merupakan salah satu rumus yang digunakan untuk mengkategorikan berat badan seseorang berdasarkan tinggi dan berat badan. BMI sering dijadikan sebagai acuan untuk menentukan bagaimana kategori berat badan seseorang. Rumus ini menggunakan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang yang akan diolah hasilnya sehingga bisa menentukan orang tersebut termasuk dalam kategori berat yang sudah distandarkan pada rumus BMI. Adapun rumusnya adalah: 

BMI = Berat Badan / (Tinggi badan x Tinggi badan)

Di mana satuan dari:
BMI adalah kg/m2
Berat Badan adalah kg (kilogram)
Tinggi Badan adalah m (meter)

Yang harus anda perhatikan dalam penggunaan rumus BMI adalah satuan dari berat badan dan tinggi badan.
Setelah mendapatkan hasil dari perhitungan BMI barulah mengkategorikan hasil perhitungan BMI berdasarkan tabel BMI (tabel 1). Hasil pengkategorian / pengelompokkan ini didasarkan pada organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk orang asia yang dikelompokkan pada tahun 1997 dan hasilnya dipublikasikan pada tahun 1998 melalui konsultasi di Geneva dan merupakan IOTF (International Obesity Task Force) yang dilakukan oleh WHO.

Hasil dari rumus perhitungan BMI telah memiliki kriteria/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan mereka telah menetapkan kriteria tersebut. Berikut ini nilai yang ditetapkan oleh pada perundingan IOTF (International Obesity Task Force) oleh WHO menetapkan klasifikasi BMI untuk orang asia yang bisa dilihat pada file https://drive.google.com/open?id=0B7sbGr1TejqGRnVmOHh5MC1pbWs atau bisa di download dari situs http://apjcn.nhri.org.tw/server/apjcn/11/s7/S681.pdf.

Hasil Penetapan yang dilakukan oleh WHO berdasarkan pengalaman studi dan uji klinis yang telah dilakukan. Uji klinis dan studi tersebut mengambil sampel dari berbagai negara dengan berat badan yang berbeda-beda, sehingga didapatkan berbagai besaran-besaran kriteria dari berat badan. Besaran-besaran yang anda lihat pada tabel 1 pada nilai di atas normal yaitu ≥ 23.0 kg/m2 dari penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa bahwa berat di atas normal yaitu 23.0-24.9 banyak orang asia pada berat ini mudah terkena sakit. Penelitian terhadap orang india yang tinggal di mauritius pada berat ini banyak yang mengalami hipertensi dan diabetes type 2.

Penggunaan tabel BMI antara orang asia dan eropa berbeda dalam menentukan index dan kriteria. Jadi jika anda orang asia anda bisa menggunakan tabel 1 dan jika anda adalah orang eropa anda bisa menggunakan tabel 2 di bawah 

Tabel 1 tabel BMI untuk orang asia berdasarkan IOTF (International Obesity Task Force)
BMI (kg/m2) Klasifikasi
< 18.5 Underweight (Di bawah berat badan Normal)
18.5 - 22.9 Normal
23.0 - 24.9 At-risk of Obese (Obesitas Beresiko)
25.0 - 29.9 Obese I (Obesitas I)
≥ 30.0 Obese II (obesitas II)

Tabel 2 tabel BMI untuk orang eropa
BMI (kg/m2) Klasifikasi
< 18.5 Underweight (Di bawah berat badan Normal)
18.5 - 24.9 Normal
25.0 - 29.9 Pre-Obese (Obesitas Awal)
30.0 - 34.9 Obese I (Obesitas I)
35.0 39.9 Obese II (Obesitas II)
≥ 40.0 Obese III (obesitas III)

Dari tabel BMI yang telah dikeluarkan oleh WHO menyimpulkan bahwasanya tingkat obesitas atau berat badan di atas normal akan membuat orang lebih mudah terkena sakit. Selain itu tingkat obesitas atau berat badan di atas normal akan membuat orang memiliki resiko kematian yang tinggi akibat penyakit seperti diabetes tipe 2, hipertensi, penyakit kandung empedu, hormon sensitif, kanker, gastrointestinal, gangguan fungsi pernafasan dan berbagai penyakit lainnya. Karena itu berusahalah untuk mengontrol berat badan anda dengan melakukan berbagai aktifitas seperti olahraga yang teratur, menjaga pola makan seperti diet kalori dan banyak kegiatan-kegiatan lainnya serta hindari stress.

Namun berat di bawah normal (underweight) juga bisa menyebabkan mudahnya seseorang terkena penyakit. Berat badan di bawah normal akan menyebabkan turunnya sistem imun di dalam tubuh manusia. Terdapat beberapa penyakit yang disebabkan oleh orang yang memiliki berat tubuh di bawah normal di antaranya adalah flu, pneumonia, osteoporosis dan berbagai penyakit lainnya.

Berat badan di atas normal dan di bawah normal tidak baik untuk kesehatan. Karena itu jagalah berat badan anda agar tetap normal. Jadi agar bisa memiliki berat badan yang normal sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan-kegiatan yang positif di antaranya adalah melakukan olahraga yang teratur, menjaga pola makan, menjaga pola hidup, serta menghindari stress dengan melakukan kegiatan-kegiatan rohani dan liburan yang dapat menenangkan hati dan pikiran.
Cara Menghitung Berat Badan Ideal dan Kalkulator Penghitungnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.