Thursday, July 27, 2017

Satuan panjang Lengkap beserta konversi dan kalkulator


Artikel kali ini saya akan membahas tentang satuan panjang. Satuan panjang adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan jarak. Berbagai satuan ukuran panjang yang ada akan dibahas pada artikel ini. Untuk mengkonversi satuan ukuran panjang ini saya akan memberikan kalkulator terlebih dahulu.

Berikut kalkulator konversi satuan panjang

=


Penggunaan kalkulator online di atas dengan cara memasukkan nilai pada kotak input konversi dan memilih satuan konversi dan juga pilih satuan untuk hasil konversi. Nilai konversi akan keluar, untuk nilai berkoma akan diganti dengan titik contoh 9 koma 8 = 9.8 dan jika menjumpai nilai e maka nilai e tersebut adalah nilai pangkat dibelakang koma misal 9e-2 maka bernilai 0.09.
tangga satuan panjang


Adapun satuan panjang yang terdapat pada artikel yang saya bahas ini adalah antara lain:
  • Kilometer
  • Hektometer
  • Dekameter
  • Meter
  • Desimeter
  • Centimeter
  • Milimeter
  • Yard
  • Mil
  • Kaki/feet
  • Inchi
  • Mil Laut
  • Mikrometer
  • Nanometer
  • Pikometer
Satuan-satuan panjang ini nantinya akan dikonversi ke satuan panjang lainnya.

Satuan Panjang (Jarak)

Pada pengukuran geometris, panjang merupakan satuan yang sering dijadikan rujukan sebagai penentu dimensi panjang atau jarak dari satu objek ke objek yang lain. Dan dalam satu konteks tertentu, yang dinamakan “panjang” adalah dimensi tertentu dari  suatu objek yang panjang atau jaraknya diukur.

meter
Adapun terdapat satuan-satuan panjang digunakan untuk mengukur jarak. Menurut Sistem Internasional (SI) satuan dasar yang digunakan untuk menentukan panjang suatu objek ukur adalah meter. Ukuran meter didefinisikan dalam satuan kecepatan cahaya, yang mana ditetapkan bahwa panjang meter adalah panjang suatu jalur yang dilewati oleh cahaya dalam ruang hampa udara dalam selang waktu 1⁄299.792.458 detik.Karena meter merupakan nilai satuan penentu satuan panjang, maka untuk konversi dari satuan panjang seperti km, hm, dam, ds,cm,mm,yard dan satuan-satuan panjang lainnya akan kita konversi ke meter.

km (kilometer)
Kilometer (istilah british kilometre) adalah salah satu satuan metrik yang terdapat dalam satuan sistem internasional (SI). Kilo yang berarti 1000, jika mengkonversi satuan km ke meter maka 1 km bernilai 1000 meter.

hm (hektometer)
hektometer (istilah british hectometre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan hm ke meter adalah satu hm sama dengan seratus (100) meter.

dam (dekameter)
Dekameter (istilah british decametre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan dam ke meter adalah satu dam sama dengan sepuluh (10) meter.

dm (desimeter)
desimeter (istilah british decimetre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan dm ke meter adalah satu dam sama dengan satu persepuluh atau 1/10 meter atau 0.1 meter atau 10-1 meter.

cm (centimeter)
centimeter (istilah british centimetre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan cm ke meter adalah satu cm sama dengan satu perseratus atau 1/100 meter atau 0.01 meter atau 10-2 meter.

mm (milimeter)
milimeter (istilah british millimetre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan mm ke meter adalah satu dam sama dengan satu perseribu atau 1/1000 meter atau 0.001 meter atau 10-3 meter.

µm (mikrometer)
mikrometer (istilah asing micrometre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan µm ke meter adalah satu dam sama dengan satu persejuta atau 1/1000000 meter atau 0.000001 meter atau 10-6 meter.

nm (nanometer)
nanometer (istilah asing nanometre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan nm ke meter adalah satu dam sama dengan satu permilyar atau 1/1000000000 meter atau 0.000000001 meter atau 10-9 meter.

pm (pikometer)
pikometer (istilah asing picometre) merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan pm ke meter adalah satu dam sama dengan satu pertriliyun atau 1/1000000000000 meter atau 0.000000000001 meter atau 10-12 meter.

yard
yard  merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan yard ke meter adalah satu yard sama dengan 0.9144 meter.

Mil
Mil merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan mil ke meter adalah satu mil sama dengan 1609.34 meter.

kaki/feet
kaki atau feet atau ft atau foot merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan kaki/feet ke meter adalah satu kaki/feet sama dengan 0.3048 meter.

inchi
inchi merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan inchi ke meter adalah satu inchi sama dengan 0.0254 meter.

mil laut
mil laut merupakan salah satu satuan metrik pada sistem internasional (SI). Adapun konversi satuan mil laut ke meter adalah satu mil laut sama dengan 1852 meter.

Demikianlah artikel satuan panjang ini dibuat, jika ada yang anda tanyakan, anda bisa meninggalkan komentar di bawah terima kasih

Satuan panjang Lengkap beserta konversi dan kalkulator Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.