Sunday, September 4, 2016

Contoh Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Lamaran Kerja. Pada artikel kali ini, topik bahasan saya adalah bagaimana contoh surat lamaran kerja. Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dibutuhkan cara berbahasa serta susunan format dari surat lamaran tersebut. Jadi pada artikel ini saya akan memberikan bahasan tentang bagaimana membuat sebuah surat lamaran yang baik dan benar, sehingga anda dapat lolos seleksi administrasi.

Jadi bagi anda yang seringkali mengirim surat lamaran kerja, namun anda jarang mendapatkan panggilan untuk pengetesan selanjutnya, saya kira artikel ini sangat penting untuk anda baca, sehingga anda dapat lolos secara administrasi untuk mengikuti test bekerja.

Baiklah. Untuk membuat contoh lamaran kerja yang baik dan benar, surat lamaran harus memiliki berbagai kriteria seperti bahasa yang baik (penggunaan kalimat sesuai dengan tata bahasa yang baik menggunakan kata-kata yang resmi dalam bahasa indonesia). Jadi contoh surat lamaran yang saya buat kali ini sudah memenuhi kriteria baik dari segi format, struktur penulisan surat lamaran dan juga kata-kata yang digunakan. 

Kenapa penulisan sebuah surat lamaran ini harus dibuat secara baik dan benar? Hal ini karena surat lamaran kerja merupakan awal yang menentukan bagi anda diterima atau tidaknya anda untuk mengikuti tes penerimaan calon karyawan di suatu perusahaan atau dengan kata lain anda lulus seleksi secara administrasi. Jadi surat lamaran kerja ini merupakan awal dari kunci sukses dari keberhasilan anda untuk mengikuti tes selanjutnya. 

Setelah anda mengetahui bagaimana pentingnya surat lamaran kerja dari penjelasan saya di atas. Maka saya akan memulai penjelasan saya selanjutnya yaitu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja.

Dalam membuat surat lamaran kerja terdapat syarat-syarat dan kriteria yang harus anda penuhi. Syarat-syarat ini sangat penting untuk anda ketahui, karena syarat-syarat dan kriteria ini penting untuk mendukung kelengkapan surat lamaran yang anda buat. Jadi dengan kata lain, ada beberapa pendukung yang harus anda sertakan di dlam surat lamaran yang akan anda buat.

Berikut di bawah ini syarat-syarat dan kriteria untuk membuat surat lamaran yang baik dan benar:

1. Anda harus menggunakan bahasa yang baik dan benar
Pada surat lamaran yang anda buat, anda harus memperhatikan bahasa atau kalimat yang anda gunakan. Gunakan kalimat-kalimat yang sesuai dengan bahasa resmi dengan ejaan bahasa yang sudah disempurnakan. Gunakanlah bahasa secara halus dan sopan yang memberikan penjelasan tentang diri anda secara singkat, karena surat lamaran hanya satu lembar.


2. Tulislah surat lamaran anda sesuai format dan rapi
Penulisan surat lamaran yang akan anda buat, harus anda susun harus sesuai dengan format pembuatan surat  rapi, apa saja format penulisan surat?

* Atur margin halaman surat sisi atas, bawah, kiri dan kanan
Perhatikan rata kanan, rata kiri, atas dan bawah halaman surat lamaran anda. Biasanya dalam menuliskan surat lamaran anda bisa membuat margin atau rata kanan, kiri, atas dan bawah sebesar 3 cm. Jadi maksud disini adalah, jika anda ingin menulis di kertas atau mengetik di kertas yang perlu anda perhatikan adalah jarak atau margin atas, bawah,kiri,kanan kertas anda sebesar 3 cm. Anda bisa melihat contohnya pada Gambar 1.


contoh margin surat lamaran
Gambar 1 contoh margin surat lamaran

* Tulis tiap paragraf secara rapi, rata sisi kiri dan kanan (justify)
Perhatikan penulisan paragraf, rata kiri dan rata kanan, bagi anda yang menggunakan komputer anda bisa menggunakan align justify agar tulisan anda bisa rata kiri dan kanan secara otomatis. Jika anda menulis surat lamaran menggunakan tangan, anda bisa menggunakan garis bantuan pada kanan,kiri, atas dan bawah dengan menggunakan pensil dan bisa anda hapus setelah selesai membuat surat lamaran.

* Buat spasi tiap baris single
Jika anda menggunakan komputer anda bisa membuat spasi tiap baris atau jarak tiap baris dengan ukuran single. Namun jarak antar paragraf double.

Jika anda membuat surat lamaran dengan tulis tangan, anda bisa menggunakan kertas double folio bergaris dengan menaruhnya dibelakan kertas surat lamaran anda dan menulis mengikuti garis dari kertas double folio bergaris tersebut.

3. Buat CV untuk mendukung surat lamaran kerja anda
Buat CV (Curriculum vitae) diri anda secara lengkap. Jelaskan diri anda di dalam CV beserta keahlian anda, prestasi anda selama pendidikan, pengalaman kerja anda jika anda bukan fresh graduate (baru lulus pendidikan atau belum pernah bekerja). Untuk CV anda bisa melihatnya pada tulisan saya tentang bagaimana cara membuat CV

4. Lengkapi semua syarat yang diminta perusahaan.
Anda bisa mengirimkan syarat yang diminta perusahaan, seperti misalnya perusahaan menginginkan pengalaman kerja selama lima tahun. Anda bisa melampirkan surat pengalaman kerja anda selama lima tahun.

5. Lampirkan semua sertifikat dan surat pengalaman kerja anda
Anda bisa melampirkan semua sertifikat keahlian yang pernah anda ikuti. Seperti sertifikat dari badan kursus, atau sertifikat dari badan pelatihan, atau sertifikat dari lembaga pendidikan. Sertakan juga surat pengalaman kerja anda. Yang patut anda ingat adalah semua di lampirkan dalam bentuk fotocopy. Ingat jangan anda berikan yang asli. Anda juga bisa mengirimkan fotocopy piagam penghargaan prestasi anda sebagai penunjang.

Surat lamaran kerja terdiri dari tiga bagian utama. Adapun bagian-bagian tersebut adalah:
1. Kepala Surat
Seperti pembuatan surat-surat resmi lainnya, kepala surat berisikan tanggal surat, tujuan surat lamaran kerja.

2. Isi Surat
Isi surat berisikan lamaran seperti dari mana anda mendapatkan informasi pekerjaan, sekilas tentang diri anda, syarat-syarat yang diminta dan ucapan terima kasih pada personalia. Semua dibuat dalam 1 halaman kertas.

3. Penutup Surat
Tanda tangan

Setelah anda membaca syarat-syarat atau kriteria yang harus anda penuhi agar berhasil dalam syarat administrasi. Sekarang saya akan memberikan bentuk contoh surat lamaran untuk fresh graduate:

Contoh Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

Anda bisa mendownload contoh surat lamaran kerja fresh graduate di sini


Kepada Yth.,                                                              Pekanbaru, 23 Agustus 2016
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Ilham Sejahtera
Jl. Gunung Agung No 13
Jakarta Selatan


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang Saya dapatkan dari harian Pekanbaru Pos pada tanggal 15 Agustus 2016 terdapat  lowongan pekerjaan dari PT. Ilham Sejahtera dengan posisi Marketing dengan kode (MG). Untuk itu Saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sesuai dengan posisi yang telah diinformasikan melalui harian pekanbaru pos tersebut.

Berikut ini biodata saya:
Nama                           : Sugandi gandi
Tempat / tgl. lahir       : Pekanbaru, 23 Februari 1978
Pendidikan Terakhir   : S1 Teknik Informatika
Alamat                        : Jl Ciledug Raya No 86
Telepon (HP)              : 085266778899
Status                          : Belum Menikah
Email                          : sugandi.gandi2302@gmail.com

Saya adalah tipe seorang suka berusaha dengan keras dan cepat belajar dalam mengatasi masalah yang tentunya hal tersebut akan membawa keuntungan bagi perusaahan Bapak / Ibu serta mudah untuk diarahkan. Selain itu kejujuran juga selalu Saya utamakan.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, Saya lampirkan :
1. Daftar riwayat hidup
2. Foto copy ijazah
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat
5. Pas photo yang terbaru


Saya berharap dari lampiran-lampiran yang Saya lampirkan dapat dijadikan pertimbangan oleh Bapak / Ibu untuk memanggil Saya mengikuti tes selanjutnya.

Demikianlah surat lamaran ini, atas perhatian Bapak / Ibu Personalia Saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,



Sugandi gandi

 

Contoh Lamaran Pekerjaan Untuk Berpengalaman


Anda bisa mendownload contoh surat lamaran kerja berpengalaman di sini







Kepada Yth.,                                                              Jakarta, 01 September 2016
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Bangun Persada
Jl. Radio Dalam No 13
Jakarta Timur


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang Saya lihat pada surat kabar Jawa Pos pada tanggal 23 Agustus 2016 terdapat  lowongan kerja pada PT. Bangun Persada dengan posisi Supervisor Electrical Engineering dengan kode (SEE) berpengalaman minimal 5 tahun. Oleh Karena itu Saya bermaksud melamar pekerjaan pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sesuai dengan posisi yang telah Bapak / Ibu informasikan.

Berikut ini data diri saya:
Nama                           : Irmansyah
Tempat / tgl. lahir       : Pasuruan, 23 Maret 1978
Pendidikan Terakhir   : S1 Teknik Listrik
Alamat                        : Jl Sunter No 86
Telepon (HP)              : 085299887766
Status                          : Sudah Menikah
Pengalaman                 : 7 tahun

Saya adalah tipe seorang pekerja keras dan cepat belajar dalam menyelesaikan masalah yang tentunya hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi perusaahan Bapak / Ibu. Selain itu kejujuran juga selalu Saya utamakan.

Untuk menjadi bahan pertimbangan Bapak / Ibu, maka Saya lampirkan :
1. Daftar riwayat hidup
2. Foto copy ijazah
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat
5. Fotocopy surat pengalaman kerja
5. Pas photo yang terbaru

Saya berharap dari lampiran yang Saya sertakan pada surat lamaran dapat dijadikan pertimbangan oleh Bapak / Ibu untuk memanggil Saya mengikuti tes selanjutnya.

Demikianlah surat lamaran ini, atas perhatian Bapak / Ibu Personalia Saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,



Irmansyah


Anda bisa mengunjungi tulisan yang saya buat untuk melihat Contoh CV Lamaran Kerja dan Tips melamar kerja

Untuk mempermudah anda dalam membuat surat lamaran kerja anda bisa mendapatkan contoh surat lamaran kerja fresh graduate dengan mendownloadnya di sini sedangkan untuk yang berpengalaman anda bisa mendownloadnya di sini

Contoh Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.