Wednesday, August 24, 2016

Tips melamar kerja

Bagi seseorang pencari kerja, sangat penting untuk mengetahui apa saja tips melamar kerja.

Pekerjaan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia untuk mencari rezeki.

Tanpa pekerjaan kita tidak akan bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri maupun keluarga sehari-hari.

Karena alasan itulah kita perlu mengetahui apa saja tips melamar pekerjaan supaya kita bisa mempersiapkan diri untuk bersaing dalam mendapatkan pekerjaan.

Memang ada cara lain untuk mendapatkan rezeki salah satunya berwiraswasta, namun itu membutuhkan modal dan pengalaman.

Karena itulah banyak orang yang tidak mampu untuk berwiraswasta mencari rezeki dengan cara bekerja

tips melamar kerja


Ada beberapa tips dalam melamar pekerjaan yang harus anda ketahui di antaranya adalah:

1. Kirimkan lamaran ke semua perusahaan sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan keahlian anda anda
Jika anda ingin segera dapat pekerjaan, kirimkan semua lamaran kerja, cari informasi lowongan kerja baik secara online, melalui surat kabar, informasi dari teman, informasi dari family atau keluarga terdekat.

Jangan pesimis lamaran kerja anda tidak diterima, karena hal ini adalah langkah awal persaingan anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Semakin banyak lamaran kerja yang anda kirimkan, semakin besar peluang anda mendapatkan pekerjaan.

Mengirimkan lamaran sebanyak-banyaknya membuat kemungkinan anda dipanggil oleh perusahaan untuk mengikuti test penerimaan karyawan.

2. Daftarkan diri anda di situs lowongan kerja
Anda dapat mendaftarkan diri anda di situs-situs lowongan kerja yang terdapat di internet.

Banyak situs pencari kerja di internet, daftarkan diri anda dengan melampirkan data diri anda secara lengkap.

Banyak teman-teman saya, yang mendapat panggilan interview dan tes pekerjaan melalui situs pencari kerja.

Biasanya perusahaan mencari info dari situs pencari kerja untuk menemukan kandidat calon karyawan yang memenuhi kriteria perusahaan tersebut melalui situs pencari kerja.

Beberapa situs lowongan kerja dapat anda searching melalui mesin pencari, beberapa contoh yang akan saya berikan di sini adalah seperti jobstreet.co.id , linkedin.com, jobindo.com, karir.com

3. Lengkapi semua data diri anda
Anda dapat melengkapi data diri anda, seperti CV (Curriculum Vitae), surat lamaran, pengalaman kerja.

Usahakan data diri anda diisi selengkap mungkin.

Lampirkan semua pengalaman kerja, keahlian, serta sertifikat-sertifikat keahlian yang sudah anda dapatkan dari berbagai badan sertifikasi.

Lampirkan juga prestasi-prestasi akademik selama anda berada dibangku pendidikan.

4. Persiapkan diri anda untuk tes tulis
Anda perlu mempersiapkan diri anda untuk tes dasar.

Anda bisa latihan di rumah  dengan membeli buku-buku yang berhubungan dengan tes dalam dunia kerja, seperti tes kemampuan dasar, tes psikologi, tes pengetahuan umum dan buku-buku tes lainnya sesuai dengan pekerjaan yang akan anda lamar.

Persiapan ini sangat penting karena tes ini merupakan bagian yang penting untuk mendukung diterimanya anda menuju ke wawancara.

Idealnya, anda harus mempersiapkan diri selama 3 bulan mengerjakan soal-soal tes psikotes, tes kemampuan dasar yang bisa anda beli di toko buku atau bisa anda download di internet

5. Persiapkan diri anda untuk wawancara
Disini ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan diantaranya adalah:

* Anda harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan dari pewawancara tentang bidang keilmuan sesuai dengan keahlian anda.

Pewawancara akan menanyakan seputar pengalaman kerja anda.

Ilmu-ilmu seputar pekerjaan anda. Anda harus menjawab dengan optimis, jangan gugup usahakan anda terlihat santai, Anda harus memperlihatkan bahwa anda memang sudah ahli di bidang yang ditanyakan oleh pewawancara.

Jangan tampakkan kesan ragu, kurang percaya diri dan hal-hal lain yang negatif, karena ini bisa mempengaruhi penilaian dari pewawancara pada diri anda.

* Biasanya perusahaan sering bertanya berapa gaji yang anda inginkan?
Untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa mencari informasi di internet, dari teman-teman atau kerabat anda yang pernah bekerja di perusahaan yang anda lamar.

Informasi ini sangat penting karena jika perusahaan cocok dengan gaji yang anda minta, anda akan mendapatkan nilai plus.

Jika anda tidak mengetahui berapa gaji untuk posisi yang ada pada perusahaan tersebut, anda bisa memberikan jawaban sesuai dengan gaji yang anda inginkan.

Biasanya perusahaan mencari informasi dari anda dengan menanyakan berapa gaji yang anda peroleh dari perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.

Jadikan patokan gaji ini oleh anda, minta yang sesuai dengan keinginan anda. Jika perusahaan antusias dan yakin bahwa anda memenuhi syarat, biasanya pewawancara akan nego gaji kepada anda. 

* Katakan kelebihan anda pada pewawancara dengan kalimat yang halus seperti
Anda bisa mengatakan kalimat berikut yang mengatakan bahwa anda seorang pekerja keras "Biasanya saya suka lupa waktu dalam bekerja, jika pekerjaan yang saya kerjakan belum tuntas".

* Jika pewawancara bertanya tentang kelemahan anda, anda bisa mengatakan kepada pewawancara kelemahan anda dengan jujur.

Jangan katakan kelemahan yang berhubungan dengan pekerjaan, misalnya saya suka cepat stress dan uring-uringan jika mendapat tekanan dalam bekerja.

Misalnya bilang saja kelemahan anda seperti saya orangnya agak pendiam.

* Jika perusahaan menanyakan kepada anda bagaimana nanti keadaan anda setelah lima tahun kemudian. Anda dapat bercerita bahwa setelah lima tahun kemudian saya telah bekerja dan memiliki posisi (dua atau tiga tingkat posisi dari yang anda lamar sekarang) jangan terlalu jauh menghayal dan menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara tersebut, untuk menjawab pertanyaan tersebut harus sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar

* Jika pewawancara menanyakan alasan kenapa anda berhenti dari tempat kerja anda yang lama, anda bisa menjawab dengan jawaban yang memberikan arti positif seperti anda bisa memberikan jawaban bahwa perusahaan tempat anda bekerja sudah tidak ada tempat lagi buat anda untuk naik karir yang lebih tinggi, karena posisi untuk karir yang lebih tinggi sudah terdapat karyawan lama yang sudah bertahun-tahun di sana.

Atau anda bisa mengatakan bahwa gaji yang terdapat diperusahaan tempat anda bekerja tidak cukup buat biaya hidup anda.

* Jika anda ditanya tentang masalah kegagalan anda, anda bisa menceritakan kegagalan anda dan jelaskan bagaimana anda mendapatkan solusi untuk mengatasi kegagalan tersebut, sehingga perusahaan yakin bahwa anda merupakan tipe karyawan yang mau berusaha keras untuk memperbaiki kegagalan.

* Jika anda ditanya oleh pewawancara "Apa saudara memiliki pertanyaan?" Anda bisa menjawab dengan memberikan pertanyaan tentang perusahaan tersebut, tampakkan bahwa anda sangat antusias dan berminat bekerja di perusahaan tempat anda di wawancara (interview).

* Perhatikan sikap anda selama wawancara.

Sikap yang harus anda perhatikan ketika wawancara adalah anda harus terlihat santai salama wawancara, duduk dengan tangan di bawah meja jangan di atas meja, salami dulu dan beri senyuman ketika memasuki ruangan wawancara, jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk, pandangan mata tertuju ke pewawancara, badan duduk tegap dikursi, berpakaian dan berpenampilan serapi mungkin. Jangan berpenampilan terlalu mencolok, jangan menggunakan makeup yang berlebihan.

Begitulah tips melamar kerja yang saya berikan.

Yang sangat diutamakan dalam melamar kerja adalah kesiapan anda dalam mempersiapkan diri untuk menjawab semua pertanyaan serta tes dari perusahaan.

Optimis dan rasa percaya diri penting karena itu bisa meningkatkan nilai jual anda pada perusahaan yang anda lamar.


Tips melamar kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.