Tuesday, August 2, 2016

Cara Buat Email Baru Gmail

Buat email baru. Bagi anda yang sering menggunakan internet untuk aktifitas sehari-hari, mempunyai email adalah merupakan suatu hal yang wajib bagi anda. Apalagi bagi anda yang punya teman, kolega atau urusan kantor dari jarak jauh dengan menggunakan surat, alangkah baiknya mempunyai akun email.

Akun email sangat dibutuhkan oleh personal ataupun perusahaan, selain tujuan untuk berhubungan dengan rekan, email juga dibutuhkan untuk bisnis. Jadi bagi anda yang mempunyai perusahaan, email sangat dibutuhkan untuk menunjang kemajuan bisnis anda.

Ada banyak perusahaan penyedia layanan email memberikan layanan email secara gratis atau cuma-cuma. Salah satunya yang saya buatkan tutorialnya pada artikel saya adalah gmail merupakan layanan email dari google dan ymail adalah layanan email dari yahoo. Email dari yahoo dan google ini bisa anda dapatkan secara cuma-cuma. Namun sesuai dengan judul di atas yang saya bahas kali ini adalah gmail. 

Gmail merupakan layanan email yang diberikan oleh google secara gratis (free email). Selain memberikan layanan email secara gratis, akun google juga memberikan berbagai layanan gratis lainnya seperti penyimpanan file gambar dan video, peta dan beberapa layanan gratis lainnya.

Jadi bagi anda yang ingin bikin email untuk kebutuhan personal maupun kebutuhan perusahaan dengan menggunakan layanan email dari google, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan pada artikel saya kali ini.

Adapun untuk membuat akun email dibutuhkan beberapa syarat yaitu antara lain:
1. Browser
Bagi pengguna internet yang sering browsing, tentu sudah mengenal browser. Browser digunakan untuk mengakses halaman situs di internet. Pada artikel ini browser kita gunakan untuk mengakses halaman google.

2. Koneksi internet
Koneksi internet merupakan hal penting dalam mengakses layanan email yang terdapat di internet. Jadi tanpa koneksi internet, anda tidak akan bisa mengakses layanan yang diberikan oleh google.com 

3. No telepon selular
Sebagai pengguna layanan email gratis dibutuhkan no telepon selular. Google menganjurkan agar kita memasukkan no telepon selular untuk konfirmasi data diri.  No telepon selular ini nantinya akan berguna jika kita lupa password dari akun gmail.

Dua komponen di atas seperti browser dan koneksi internet sangat dibutuhkan. Tanpa kedua komponen tersebut, anda tentu tidak akan bisa membuat email. Sedangkan no telepon selular bisa anda masukkan nantinya. Namun no telepon selular juga merupakan syarat yang cukup penting untuk anda daftarkan.

Setelah anda melengkapi syarat-syarat di atas, anda  bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Langkah tersebut antara lain:
1.  Ketikkan pada url browser anda http://google.com atau anda bisa mengklik http://google.com

2. Setelah muncul halaman google, anda bisa langsung mengklik tombol masuk seperti gambar 1 yang saya berikan di bawah
Halaman utama google
Gambar 1 Halaman utama google

Tombol masuk akan mengantarkan anda ke halaman login akun google

3. Untuk anda sebagai pengguna email baru dan ingin membuat email baru, pada halaman login akun email, anda harus mengklik link buat akun. Halaman login akun dapat anda lihat pada gambar 2.

Halaman Login Akun Google
Gambar 2 Halaman Login Akun Google

4. Link buat akun akan mengantarkan anda pada halaman buat akun google anda. Pada halaman ini anda harus mengisikan data secara lengkap(lihat gambar 3). Adapun data-data yang harus anda isikan adalah sebagai berikut:

Halaman Buat Akun
Gambar 3 Halaman Buat Akun
  • Nama Depan
  • Kotak isian nama depan, bisa anda isikan dengan nama depan anda.
  • Nama Belakang
  • Kotak isian Nama Belakang bisa anda isikan dengan nama belakang anda. Atau bisa anda kosongkan jika anda tidak berniat untuk mengisi kotak Nama Belakang
  • Pilih Nama Pengguna Anda
  • Kotak isian Pilih Nama Pengguna Anda ini harus anda isi dengan id atau nama pengguna email untuk login ke dalam email baru yang akan anda buat. Nama pengguna email ini bisa anda pilih sendiri dengan memasukkan id yang sudah anda tentukan sendiri.Jika nama pengguna yang anda pilih sudah digunakan orang lain, anda bisa mengganti sendiri atau google akan memberikan beberapa nama yang bisa anda jadikan pilihan untuk nama pengguna anda.
  • Buat Sandi
  • Isikan sandi untuk masuk ke email baru anda. Kotak isian ini berisi password yang anda gunakan untuk masuk ke akun google anda.
  • Konfirmasi sandi anda
  • Isikan Konfirmasi sandi anda dengan isi yang sama dengan kotak buat sandi.
  • Tanggal lahir
  • Masukkan tanggal lahir anda dengan benar.
  • Gender
  • Pilih jenis kelamin yang tersedia di google. Jadi pada kotak isian gender anda dapat memilih sesuai dengan jenis kelamin anda, pilihan pada kotak ini terdiri dari dua pria dan wanita.
  • Ponsel
  • Masukkan no ponsel anda pada kotak isian ponsel. Masukkan no ponsel yang benar untuk konfirmasi ponsel anda. No ponsel biasanya digunakan untuk konfirmasi jika anda kehilangan password.
  • Alamat email anda saat ini
  • Masukkan kotak isian alamat email anda saat ini dengan alamat email yang anda miliki sebelum ini. Jika anda tidak memiliki email sebelumnya / anda benar-benar belum pernah membuat email, anda dapat mengosongkan kotak isian ini.
Data di atas ada yang bersifat opsional, opsional artinya boleh diisi dan boleh tidak diisi.
Selama pengisian data di atas terdapat beberapa pesan kesalahan seperti di bawah :
* "Seseorang telah menggunakan nama pengguna tersebut. Perhatikan bahwa kami mengabaikan titik dan huruf besar dalam nama pengguna. Coba lainnya? Tersedia: Namapengguna679"
Pesan ini anda temui saat setelah mengisi kotak password, jika data nama yang anda tulis sudah digunakan orang lain, maka google akan menawarkan nama pengguna pada tulisan tersedia. Anda bisa memilih seperti contoh di atas, google menawarkan nama pengguna dengan Namapengguna679. Anda bisa mengklik Namapengguna679 dalam berbentuk link

* "Tidak boleh dibiarkan kosong."
Pesan kesalahan ini akan tampil jika anda mengosongkan kotak isian yang harus di isi. Kotak-kotak isian yang harus anda isi antara lain Nama Depan, Nama Belakang, Pilih Nama Pengguna Anda, Buat Sandi, Konfirmasi sandi anda dan Tanggal lahir. Semua Kotak isian yang saya sebutkan harus diisi

* "Gunakan hanya huruf (a-z), angka, dan titik."
Pesan kesalahan ini akan muncul saat anda mengisikan karakter selain huruf a-z, angka dan titik pada kotak isian Pilih Nama Pengguna Anda.

* "Sandi tersebut tidak cocok. Coba lagi? "
Jika kotak isian konfirmasi sandi tidak sama dengan buat sandi, maka pesan kesalahan akan muncul. Jadi anda harus sama memasukkan kotak isian buat sandi dengan konfirmasi sandi.

* "Sandi pendek mudah ditebak. Cobalah sandi yang panjangnya minimal 8 karakter. "
Pesan kesalahan ini akan muncul jika anda memasukkan karakter kurang dari 8 karakter ke kotak isian buat sandi. Jadi kotak isian ini harus berisi 8 karakter ke atas.

* "Batas karakter nama pengguna adalah 6-30."
Pesan kesalahan ini akan muncul jika anda mengisikan karakter Pilih Nama Pengguna Anda kurang dari 6 karakter dan lebih dari 30 karakter. Jadi pilih nama karakter sepanjang 6 sampai 30 campuran huruf, angka dan titik.

Untuk langkah berikutnya, anda bisa mengklik tombol langkah berikutnya pada halaman  buat akun.

5. Halaman Selamat datang.
Halaman selamat datang bisa anda lihat pada gambar 4 di bawah ini:

Halaman Selamat Datang
Gambar 4 Halaman Selamat Datang
Halaman ini menandakan bahwa isian anda benar dan anda telah berhasil membuat akun google. Anda sudah bisa menggunakan semua layanan yang diberikan oleh google, mulai dari email dan beberapa layanan lainnya yang bisa anda aktifkan nantinya sesuai dengan tutorial yang akan saya berikan nantinya (jika ada kesempatan).
Tekan tombol lanjutkan untuk menuju halaman berikutnya (lihat pada gambar 4 tombol lanjutkan). Anda akan berada pada halaman akun google


6. Halaman utama akun google
Pada gambar 5 anda dapat melihat halaman utama akun google anda. Anda dapat melihat gambar dengan panah merah yang saya tampilkan pada gambar 5.

Halaman Utama Akun Google
Gambar 5 Halaman Utama Akun Google
Untuk menuju mailbox anda anda dapat mengklik link Gmail yang terdapat pada halaman utama akun google. Anda akan di hantarkan pada halaman mailbox gmail.

7. Halaman mailbox gmail

Halaman Mailbox tertutup pesan
Gambar 6 Halaman Mailbox tertutup pesan
Pada gambar 6 di atas tampak halaman maibox sudah bisa di akses, namun tertutup oleh pesan dari gmail. Anda bisa menutup pesan tersebut dengan mengklik tanda x pada kanan atas seperti pada gambar 6 yang saya beri tanda panah merah. Setelah anda mengklik tanda x, pesan tersebut akan tertutup dan anda akan melihat mailbox anda (gambar 7)

Halaman Mailbox Gmail
Gambar 7 Halaman Mailbox Gmail

Ada beberapa pesan yang harus anda ingat. Jika anda sudah menggunakan email dan tidak menggunakannya lagi, biasakan logout / sign out / keluar untuk keamanan email anda. Link keluar bisa anda lihat dengan mengklik lingkaran paling pojok kanan di atas. Akan tampak link keluar untuk keluar dari mailbox anda.

Jika anda ingin lebih mengerti, anda bisa melihat videonya di bawah:



Dan jika anda ingin masuk kembali anda bisa menuju ke halaman login gmail seperti gambar 2 (login). Isikan nama pengguna dan password yang telah anda buat. Jadi yang harus anda ingat setelah membuat email adalah nama pengguna dan password agar dapat masuk ke email yang telah anda buat.

Demikianlah cara buat email baru gmail saya buat. Jika anda ingin membuat email menggunakan yahoo anda bisa mengklik link buat email dengan yahoo pada link daftar email.

Cara Buat Email Baru Gmail Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.