Saturday, August 6, 2016

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Cara Melamar Kerja Lewat Email. Sebelum orang mengenal adanya internet, kebanyakan orang mengirim surat melalui pos. Kondisi seperti ini telah dilakukan oleh orang sebelumnya. Untuk mengirim surat melalui pos biasanya, dibutuhkan amplop, alamat surat yang dituju, surat yang akan dikirim, lampiran surat yang akan dikirim, dan lain sebagainya

Semenjak internet telah ada, kebanyakan orang mengirim surat melalui email, walaupun masih ada beberapa orang atau perusahaan menggunakan jasa pos untuk mengirim surat, documen dan lainnya menggunakan pos.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara melamar kerja via email. Email yang akan saya gunakan kali ini adalah yahoo. Sebelumnya saya telah membuat artikel bagaimana cara mengirim lamaran lewat email google yang bisa anda lihat dengan mengklik link contoh surat lamaran kerja via email

Seperti biasanya pada artikel sebelumnya saya jelaskan, tentu anda harus menyiapkan semua kebutuhan yang harus anda siapkan untuk melamar kerja lewat email. Apa saja syarat yang dibutuhkan?

1. Browser
Browser merupakan kebutuhan yang harus disediakan untuk mengakses internet. Tanpa browser anda tidak akan bisa membuka situs-situs yang berada di internet. Banyak jenis browser yang tersedia, anda harus memilihnya untuk membuka email anda

2. Surat lamaran
Anda harus memiliki surat lamaran yang anda kirim. Surat lamaran yang anda kirim harus berupa file yang nantinya disertai (diupload) beserta pesan yang anda kirim melalui email anda.

3. Alamat Tujuan email 
Alamat Tujuan email merupakan alamat dari perusahaan. Anda harus mengetahui alamat perusahaan yang akan anda lamar pekerjaan di sana. pada contoh di sini saya menggunakan dispa.it.solution@gmail.com sebagai alamat perusahaan yang akan saya lamar.

4. Koneksi internet
 Koneksi internet yang stabil sangat dibutuhkan untuk pengiriman internet. Tanpa koneksi internet mustahil email bisa dikirimkan. Jika tidak memiliki koneksi internet di rumah, anda bisa mengerjakannya di warnet atau area publik yang terdapat free wifi/

5. Memiliki Akun Email
Tentu saja anda harus memiliki akun email milik anda. akun ini berguna untuk mengirim email dan mendapatkan balasan dari email yang anda kirim. 

Kelima syarat ini wajib anda penuhi untuk mengirim lamaran kerja anda lewat email. Baiklah saya akan memberikan detail demi detail langkah bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email yahoo. Langkah-langkah terebut antar lain

1. Buka browser dan ketikan di urlnya http://ymail.com atau anda bisa mengklik http://ymail.com

2. Halaman login Ymail akan terbuka.
Anda bisa melihat halaman login Ymail seperti yang saya tampilkan dalam gambar 1.

Login id email
Gambar 1 Login id email


 Isikan id email anda pada text box seperti yang ditampilkan pada gambar 1.Pada contoh di atas saya mengisikan id email saya sugandi.gandi2302. Jika anda sudah mengisikan id email, tekan tombol Next untuk menuju ke halaman berikutnya

3. Halaman pengisian password
Pada halaman pengisian password, anda dapat mengisikan password email anda dengan benar. Jika anda salah memasukkan passwor dan id email anda, maka anda akan tetap berada pada halaman pengisian password. Anda dapat melihat halaman pengisian password pada gambar 2 di bawah ini



Login pengisian password
Gambar 2 Login pengisian password

Jika anda merasa password yang anda isikan pada kotak pengisian password sudah benar, maka anda bisa menekan Tombol Sign In untuk menuju langkah selanjutnya (lihat Gambar 2).  

4. Halaman Mailbox Yahoo

Jika password yahoo yang anda masukkan sudah benar, anda akan berada pada halaman mailbox yahoo. Halaman mailbox yahoo dapat anda lihat pada gambar 3 di bawah ini. Pada Halaman Mailbox Yahoo terdapat beberapa link, namun untuk mengirim lamaran kerja, yang anda gunakan hanya link tulis. Klik link tulis untuk menulis email dan mengirimnya, link tulis bisa anda lihat pada gambar dengan tanda panah merah.

Mailbox Yahoo
Gambar 3 Mailbox Yahoo

Jika anda telah menyiapkan lamaran yang telah anda kirim anda dapat menuliskannya pada langkah berikutnya (langkah 5)

5. Halaman mailbox dengan form tulis 
Anda berada pada halaman mailbox yahoo dengan form tulis email (lihat gambar 4). Pada gambar 4 yang anda lihat terdapat isian Ke, Judul, pesan email, tombol kirim dan beberapa icon di bawah form tulis email.
 
form tulis email yahoo
Gambar 4 form tulis email yahoo

Anda dapat menghapus kata yang terdapat di pesan seperti "Terkirim dari Yahoo Mail. Dapatkan aplikasinya". Tujuannya agar pesan yang kita kirim tidak disertai dengan pesan dari yahoo. 
Adapun keterangan dari Ke, Judul dan Pesan yang akan anda isi adalah:

* Ke 
berguna untuk alamat tujuan pengiriman email, Anda bisa mengirimkan alamat email perusahaan yang akan anda lamar pekerjaan di sana. Jika nama perusahaan lebih dari satu, maka isikan alamat email yang dipisah dengan tanda koma (,). Pada contoh di atas saya mengisi nama dispa.it.solution@gmail.com sebagai email perusahaan.

* Judul
Judul berisikan judul email yang anda kirim

* Kotak kosong text
Kotak kosong text di atas berguna untuk menuliskan pesan yang akan anda kirim melalui email

 Contoh pengisian email lamaran dapat anda lihat pada gambar di bawah:

pengisian form tulis email tanpa file pendukung
Gambar 5 pengisian form tulis email tanpa file pendukung

 Jika anda hanya ingin mengirimkan pesan tanpa file pendukung surat lamaran, cv, ataupun lampiran ijazah, anda dapat menulis seperti pada gambar 5 dan menekan tombol kirim. Namun pada contoh yang saya berikan, saya akan mengirimkan 3 file pendukung yang terdiri dari surat lamaran, CV dan gambar ijazah. Ketiga file pendukung ini akan saya kirim dengan pesan yang telah saya buat.

Untuk mengirim file pendukung klik icon di bawah form tulis pesan. Bentuk icon dapat anda lihat pada gambar 6 (icon upload file).

icon uploaad atau kirim file
Gambar 6 icon uploaad atau kirim file
 Jika anda menekan icon seperti gambar 6 di atas, maka jendela file upload akan muncul seperti gambar 7 di bawah


jendela file upload
Gambar 6 jendela file upload

Pada jendela file upload yang anda lihat setelah menekan icon upload file, terdapat drive, folder dan file-file yang terdapat pada disk anda. Anda bisa menuju folder tempat file lamaran anda disimpan. Anda bisa memilihnya dengan menekan tombol CTRL (jangan dilepas) kemudian klik satu file hingga ketiga file yang akan anda kirim (lihar gambar 7 sebagai contoh) dan tekan tombol open maka anda akan menjumpai halaman berikutnya

jendela pilih tiga file upload
Gambar 7 jendela pilih tiga file upload

 
6. Halaman form tulis email beserta pesan dan tiga file yang dikirim
Pada halaman ini kita bisa melihat ketiga file sudah masuk ke dalam pesan yang akan dikirim. Anda dapat lihat pada gambar 8


Halaman tulis form dengan file pendukung
Gambar 8 Halaman tulis form dengan file pendukung
Setelah pesan, ketiga file, alamat tujuan dan judul yang anda tulis sudah anda rasa benar, anda dapat menekan tombol Kirim yang terdapat pada halaman form tulis email. Anda akan mendapatkan pesan bahwa pengiriman telah sukses dilakukan yang bisa anda lihat pada gambar 9.


Email sukses dikirim
Gambar 9 Email sukses dikirim
Jika terdapat kesalahan dalam pengiriman email. Atau email belum sampai, anda akan mendapatkan pesan dari mesin yahoo. Pesan tersebut mungkin akan muncul dalam waktu 30 menit. Jika Terdapat kesalahan, anda dapat membuat ulang dan mengkoreksi kesalahan yang terjadi. Biasanya email  kesalahan pengiriman akan memberikan laporan dimana kegagalan pengiriman yang terjadi.
Cara Melamar Kerja Lewat Email Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.