Wednesday, September 21, 2016

Macam macam termometer

Macam macam termometer. Apakah kegunaan termometer? Termometer berguna untuk mengukur suhu atau temperature objek yang akan diukurnya. Termometer memiliki satuan dalam pengukurannya seperti derajat celcius, fahrenheit, reanmur atau kelvin. Empat satuan inilah yang sering digunakan sebagai acuan dasar pengukuran suhu suatu objek ukur.

Banyak terdapat macam-macam termometer. Namun dari segi cara membacanya, termometer terdiri dari 2 macam dalam hal membaca objek ukur. antara lain:
  1. Termometer analog
  2. Termometer analog adalah termometer yang pembacaannya tidak langsung keluar hasil angka secara tepat seperti, tapi hasil pengukuran yang keluar harus dilihat secara teliti untuk melihat hasil pengukuran suhu objek yang diukur. Contoh termometer air raksa, termometer alkohol. Pembacaannya suhunya tidak langsung keluar angka, tapi dibaca berdasarkan naiknya cairan raksa atau alkohol pada level ukuran atau skala ukuran yang terdapat pada termometer tersebut.

    termometer analog
    Gambar termometer analog


  3. Termometer Digital 
  4. Termometer digital adalah termometer yang pembacaan pengukuran suhu objek yang diukur langsung keluar angka secara pasti. Termometer Digital ini biasanya terbuat dari peralatan elektronik yang dihubungkan dengan sensor suhu. Angka yang dihasilkan dari pembacaan suhu ditampilkan dalam bentuk angka yang pasti. 
     
    Termometer suhu tubuh
    Gambar Termometer suhu tubuh

Setelah anda membaca macam-macam termometer dari segi pembacaan suhunya. Berikut jenis termometer berdasarkan fungsinya antara lain :
  1. Termometer Ruang
  2. Termometer ruang ini biasanya menggunakan termometer alkohol atau termometer raksa. Termometer ini berguna untuk mengukur suhu ruangan yang terdapat disekitar termometer. Biasanya untuk mengukur suhu ruangan menggunakan termometer raksa, termometer alkohol, termometer infra red dan termometer controller.

  3. Termometer Suhu Badan atau suhu tubuh
  4. Termometer suhu badan atau suhu tubuh berguna untuk mengukur suhu badan atau tubuh seseorang. Termometer ini biasanya ditempelkan pada tubuh manusia, untuk mengetahui suhu tubuh manusia tersebut. Terdapat juga termometer yang menggunakan infra red untuk mengukur suhu badan manusia yang akan diukur.Adapun termometer yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia adalah termometer tempel untuk bayi, termometer laser infra red untuk bayi.

  5. Termometer objek ukur.
  6. Termometer objek ukur adalah termometer yang digunakan untuk mengukur objek atau benda yang akan diukur, termometer ini biasanya menggunakan sensor yang ditusukkan atau ditempelkan ke benda ukur. Adapun jenis termometer ini adalah termometer controller
Untuk sekedar menjelaskan termometer berdasarkan sensor apa saja yang ada yaitu:
  1. Termometer Alkohol
  2. Termometer alkohol adalah termometer yang menggunakan cairan alkohol sebagai media untuk mengukur suhu atau temperature dari objek yang akan diukurnya (biasanya digunakan untuk mengukur temperatur ruangan). Penggunaan alkohol sebagai cairan untuk mengukur suhu ini lebih peka dalam mengukur dibandingkan dengan menggunakan air raksa sebagai media untuk melakukan pengukuran suhu. Termometer alkohol ini dapat dikatakan termometer minimum karena memiliki kemampuan dalam mengukur suhu yang sangat rendah (suhu dingin). Dalam melakukan pembacaan suhu, termometer alkohol ini diletakkan secara mendatar, hal ini disebabkan untuk mengurangi efek gravitasi bumi yang akan memberikan dampak terhadap hasil pengukuran suhu yang dilakukan

  3. Termometer Air Raksa
  4. Termometer Air Raksa adalah termometer yang menggunakan air raksa sebagai media yang digunakan untuk mengukur suhu objek yang akan diukurnya. Termometer air raksa cukup sulit untuk dibaca. Selain sulit dalam pembacaan, termometer air raksa cukup berbahaya karena mengandung racun, sekarang termometer air raksa jarang digunakan dan sebagai gantinya penggunaan termometer air raksa ini diganti dengan penggunaan termometer alkohol yang mudah dalam pembacaannya dan aman terhadap manusia.

  5. Termometer kontroler
  6. Termometer kontroler adalah termometer digital yang banyak digunakan oleh dunia industri dan laboratorium. Termometer ini menggunakan thermocouple, NTC serta resistansi temperatur sebagai sensor untuk mengukur suhu. Suhu yang diukur oleh termometer ini cukup tinggi tergantung dari jenis sensor yang digunakan. Anda bisa melihatnya dihalaman kami yang membahas tentang sensor jenis thermocouple

  7. Termometer Infrared
  8. Termometer Infrared adalah termometer yang digunakan untuk mengukur suhu menggunakan media infra red sebagai sensor untuk membaca panas atau suhu yang akan diukur. Penggunaan infra red untuk mengukur suhu dapat dilakukan dari jarak jauh atau tidak menempelkannya ke objek yang diukur. Biasanya digunakan untuk mengukur suhu ruang dan suhu tubuh dari bayi. Penggunaan termometer menggunakan infra red sebagai media ukur termasuk cukup teliti namun memiliki kelemahan dalam mengukur objek yang mengandung sinar matahari yang cukup terang, sehingga cahaya infra red yang terdapat pada alat ukur ini menjadi tidak kelihatan atau dengan kata lain sinar matahari yang tinggi sangat mempengaruhi kegagaln pembacaan suhu menggunakan infra red ini

  9. Termometer maksimum dan minimum Six-Bellani
  10. Termometer maksimum dan minimum Six-Bellaniini adalah termometer ini digunakan untuk mengukur suhu maksimum dan suhu minimum di dalam ruangan. Termometer ini menggunakan air raksa dalam pengukuran objek yang diukur. Biasanya termometer ini digunakan untuk mengukur ruang yang terdapat dalam rumah kaca yang mana suhu yang diukur suhu maksimum pada siang hari dan suhu minimum pada malam hari.

  11. Termometer Bimetal
  12. Termometer bimetal adalah termometer yang menggunakan sebuah keping bimetal yang memiliki bentuk spiral atau pegas yang digunakan sebagai sensor atau media pengukur. Termometer ini memiliki prinsip kerja jika terkena suhu yang tinggi akan melengkung sehingga akan menggerakkan jarum pengukur suhu. Semakin melengkung pegas ini maka suhu yang terbaca akan semakin tinggi.

  13. Termometer Gas
  14. Termometer Gas adalah Termometer yang menggunakan helium dan hidrogen sebagai media untuk melakukan pengukuran suhu. Pengukuran menggunakan termometer ini menggunakan metoda pemuaian gas, yang mana semakin tinggi suhu maka pemuaianm gas semakin besar sehingga ketelitian pembacaan menggunakan termometer gas ini cukup teliti. Jangkauan pengukuran menggunakan termomter gas ini berkisar antara -250 - 1500 derajat celcius.


    Anda bisa memilih menggunakan termometer yang saya sebutkan di atas sesuai dengan kebutuhan anda. Sesuaikan dengan objek ukur dan harga dari termometer yang akan anda gunakan untuk mengukur temperatur dari objek yang akan diukur suhunya. 
Macam macam termometer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.