Tutorial Microsoft Word untuk pemula adalah suatu aplikasi untuk melakukan pengetikan yang sangat populer pada saat ini Microsoft word merupakan produk dari perusahaan peranti lunak microsoft, Aplikasi yang telah dibuat oleh microsoft ini terdapat dalam paket microsoft office yang berisi beberapa aplikasi seperti microsoft power point, microsoft excel, microsoft word, microsoft office access, microsoft office publisher dan lain sebagainya. Akan tetapi dari semua paket yang telah ditawarkan oleh microsoft ini, microsoft word yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang selain daripada microsoft excel serta power point. dari tahun ketahun microsoft office selalu mengalami perubahan dari tahun 1998 hingga saat ini. Dengan perkembangan tersebut microsoft telah memberikan berbagai fitur database dan tool yang baru untuk menambah sempurnanya ms word agar microsoft word lebih mudah digunakan. Dengan microsoft word dapat membuat mudah kerja manusia dalam hal membuat surat ataupun dokumen lain.
Fungsi Microsoft Wordfungsi mirosoft word adalah untuk mengolah kata, sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah kata dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi ini :
- membuat tabel
- membuat surat dan membuat reportnya
- memasukan gambar
- membuat tulisan dengan berbagai jenis huruf maupun variasi lainnya (word Art)
- membuat dokumen
- memudahkan pekerjaan membuat surat/dokumen
- Menghemat Waktu dalam membuat surat
- Menghemat Kertas
Menggunakan microsoft word kita bisa dengan mudah membuat dan mengedit dokumen yang kita buat sebelum kita cetak pada kertas. Kita juga bisa membuat tabel dan berbagai variasi lainnya seperti yang dapat dilihat pada video di bawah ini
Dengan menggunakan microsoft word kita bisa menghemat waktu kerja kita, pada microsoft word terdapat beberapa fitur seperti mail merge.
menggunakan microsoft word kita dapat menghemat penggunaan kertas karena kita bisa menyimpan semua hasil kerja kita berbentuk file sehingga tidak banyak biaya untuk mencetak.
- klik ganda icon ms word pada desktop
- klik shortcut menu word
- klik office program bar pada menu start
- klik nama dokumen/file word bila pernah mengetik dokumen dengan word
- dengan windows explorer atau start menu find, cari file Microsoft Word atau Winword (tipe file : application atau shortcut) kemudian klik ganda.
- memilih menu pada Menu Bar
- menekan tombol-tombol pada Toolbar
- menekan Shortcut.
Untuk pemilihan menu dengan keyboard dapat digunakan tombol F10 yang diikuti penggunaan tombol panah dan Enter, atau dengan menekan tombol Alt diikuti dengan tombol huruf yang bergaris bawah pada menu dimaksud. Jika menggunakan mouse maka gerakkan mouse pada menu yang dimaksud (ditandai dengan bentuk seperti tombol pada menu yang terletak pada cursor), kemudian tekan tombol mouse kiri untuk menampilkan isi menu tersebut.
Status bar menampilkan informasi mengenai dokumen yang sedang aktif, seperti nomor halaman, nomor section, jumlah halaman, nomor baris, kolom, jarak baris dll.
Membuat File BaruUntuk membuat file baru, Anda dapat memilih menu File-New atau tekan tombol atau tekan shortcut Ctrl+N.
Penyimpanan FileSetelah dokumen selesai dibuat, dapat disimpan dengan memilih menu File-Save atau tombol Toolbar atau tekan shortcut Ctrl+S. Setelah memilih menu tersebut bilamana anda belum pernah menyimpan file anda sebelumnnya maka akan pada layar akan muncul tampilan. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti pada video yang ada di bawah ini
Di bawah ini video tutorial untuk para pemula yang menggunakan microsoft word: lihat video
0 komentar:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.