Thursday, June 23, 2016

Tips Bagaimana Cara Menghemat Listrik

Pada artikel saya kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menghemat listrik.

Listrik merupakan sesuatu yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, bisa kita bayangkan tanpa energi listrik kehidupan manusia akan sulit, mencuci tanpa mesin cuci, mensetrika pakaian tanpa setrika listrik, penerangan hanya dengan lilin, memasak dan memanaskan nasi tanpa magic com, dan lain sebagainya.

meteran listrik
Meteran Listrik

Dari sini tampak bahwa manusia sekarang ini sangat memiliki ketergantungan untuk menunjang kehidupan sehari-hari dengan energi listrik. 

Semakin besar ketergantungan seseorang terhadap listrik, maka semakin banyak tagihan yang harus dibayarnya setiap bulan.

Selain tagihan yang harus dibayarkan tiap bulan.

Penggunaan energi listrik akan menghabiskan sumber daya pengerak penghasil listrik tersebut, apa saja sumber daya penghasil energi listrik tersebut? 

Sumber daya penghasil energi listrik tersebut seperti minyak bumi, gas bumi dan beberapa sumber daya alam lainnya. 

Kebanyakan sumber daya alam yang digunakan sebagai penghasil energi listrik berasal dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. 

Sehingga menjadikan sumber daya alam tersebut semakin menipis ketersediaannya.

Karena itu kita dihimbau untuk menghemat penggunaan energi listrik.

Selain untuk menghemat bahan bakar penghasil energi listrik tersebut, hal tersebut juga bisa menghemat pengeluaran kita setiap bulannya yang digunakan untuk membayar tagihan listrik.

Bisa dibayangkan, jika kita bisa menghemat pengeluaran untuk listrik selama sebulan sebanyak Rp. 20000 (dua puluh ribu), jika setahun kita bisa menghemat sebesar dua ratus empat puluh ribu rupiah. Ini tentunya akan mengurangi pengeluaran bulanan kita.

Saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara menghemat listrik sehingga kita bisa mengurangi tagihan listrik setiap bulannya :

1. Gunakan Lampu yang menggunakan energi listrik yang kecil (Lampu hemat energi)

Sekarang ini banyak lampu yang dijual oleh pedagang mulai dari lampu neon, lampu TL, lampu LED dan berbagai lampu lainnya. 

Gunakan lampu dengan watt yang kecil. Jika anda menginginkan lampu dengan daya kecil namun memiliki tingkat penerangan yang cukup tinggi anda bisa menggunakan lampu LED. 

Lampu led sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki ketahanan yang cukup tinggi, hemat daya dan memiliki cahaya yang terang.

2. Perhatikan penggunaan AC

Beli AC yang hemat energi. Di pasaran banyak ditawarkan AC yang low energi. Pilih AC sesuai dengan besar ruangan. Jika menggunakan AC untuk ruang tidur, gunakan AC 1/2 pk.

Jika anda menghidupkan AC tutuplah pintu ruangan tempat AC.

Kenapa?

Kompressor AC akan mati jika suhu yang kita set telah sesuai dengan suhu ruangan, jadi jika pintu kamar tempat AC anda terbuka suhu ruangan akan sulit untuk tercapai dan kompressor akan terus bekerja sehingga penggunaan listrik yang menjalankan kompressor akan terus terjadi. 

Akibatnya daya listrik terus tersuplai selama kompressor masih bekerja. Setting suhu AC sesuai dengan kebutuhan anda di ruangan.

3. Turunkan daya listrik anda

Jika daya listrik di rumah anda cukup besar, sedangkan kebutuhan listrik anda tidak sebesar daya listrik yang terpasang di rumah, ada baiknya anda menurunkan daya listrik dengan mengajukan permohonan kepada PLN untuk menurunkan daya listrik. 

Semakin besar daya listrik maka biaya beban listrik yang harus dibayar semakin tinggi.

Untuk mengganti daya listrik anda harus tahu berapa daya-daya listrik yang tersedia oleh PLN, daya-daya listrik tersebut adalah antara lain 900, 1300,2200 dst anda bisa lihat di situs PLN

4. Gunakan Listrik dengan sistem pulsa

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungannya adalah anda dapat mengontrol pemakaian listrik anda. 

Kerugiannya adalah jika anda tidak bisa membeli voucher atau kehabisan dana membeli voucher maka resikonya anda harus menikmati hidup sementara tanpa listrik.

5. Matikan peralatan listrik yang tidak anda gunakan.

Jika anda tidak menggunakan peralatan listrik seperti lampu, kipas angin, televisi, charger handphone, laptop, komputer, aquarium dan lain sebagainya alangkah baiknya anda matikan. 

Sebelum anda tidur baiknya semua beban listrik yang tidak digunakan dapat dimatikan. Kebanyakan orang melakukan kebiasaan menghidupkan beban listrik selama ia tidur. 

Bayangkan saja selama anda tidur lampu, televisi dan kipas angin menyala sampai pagi, berapa besar pemborosan listrik yang anda lakukan.

6. Gunakan pengering pada mesin cuci ketika musim penghujan

Anda bisa menggunakan pengering pada mesin cuci ketika musim penghujan.

Jika matahari bersinar terik anda tidak usah menggunakan pengering pakaian pada mesin cuci karena dengan melakukan ini anda bisa menghemat pemakaian listrik.

7. Gunakan tangki air untuk menampung air

Gunakan tangki air untuk menampung air dari sumur bor yang disedot oleh pompa anda.

Jika tangki air sudah penuh segera matikan pompa listrik anda.

Anda juga bisa menggunakan automatic pompa untuk mengontrol penuh dan kosongnya tangki air anda.

Pompa termasuk salah satu peralatan listrik yang memakan daya besar

8. Kontrol nyala beban-beban listrik yang besar

Di dunia listrik terdapat peralatan-peralatan listrik yang memakan daya besar seperti motor-motor listrik dan elemen pemanas.

Dalam rumah tangga motor dan elemen pemanas terdiri seperti mesin cuci, setrika, rice cooker, AC, pompa air, kipas angin, televisi CRT, pemanas air, pemanggang roti dan motor-motor listrik serta elemen pemanas lainnya.

9. Gunakan Solar Cell System

Anda bisa menggunakan solar cell system untuk menghemat penggunaan listrik.

Penggunaan Solar Cell System pada siang hari dan aki pada malam hari dapat digunakan untuk menghemat penggunaan listrik, sedangkan daya dari PLN digunakan ketika aki dan solar cell tidak dapat digunakan (aki dan solar sel kehabisan daya listrik).

Solar cell hanya bisa bekerja di siang hari karena untuk menghasilkan listrik solar cell membutuhkan sinar matahari untuk mengkonversi dari sinar matahari ke energi listrik.

Jadi pada siang hari solar cell selain mensuplai daya listrik untuk rumah tangga, solar cell juga digunakan untuk mengisi (charger) aki, jadi ketika malam hari aki dapat digunakan untuk beban listrik.

Daya listrik yang dihasilkan oleh aki dan solar cell merupakan listrik dc dengan besar tegangan 12V untuk mengkonversinya menjadi tegangan AC dibutuhkan inverter.

10. Jangan gunakan lampu hias

Banyak rumah tangga menggunakan lampu hias.

Penggunaan lampu hias banyak terdapat di ruang tamu, di taman.

Kebanyakan lampu hias menggunakan lampu neon dan biasanya menggunakan lampu dalam jumlah banyak.

Lampu neon merupakan lampu yang memiliki watt cukup besar sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan lampu hias jika ingin menghemat penggunaan listrik anda.

11. Perhatikan penggunaan kulkas

Gunakan settingan kulkas seperlunya saja.

Jangan gunakan setingan maksimum karena kompressor akan bekerja secara maksimum sehingga daya listrik yang digunakan akan cukup besar.

Jadi inti dari penghematan listrik adalah penggunaan listrik secara efektif dan efesien, gunakan peralatan listrik yang hemat daya, matikan peralatan listrik yang tidak digunakan, kenali penggunaan peralatan listrik dan gunakan sesuai fungsinya.

Matikan peralatan listrik yang tidak gunakan.

Gunakan listrik seperlunya saja, sehingga kita bisa menghemat pengeluaran listrik dan membantu pemerintah menyukseskan penghematan energi dari sumber daya alam yang semakin menipis.

Semoga artikel saya ini bisa membantu dan menjadi inspirasi bagi anda untuk menghemat penggunaan energi listrik, baik di rumah tangga maupun di tempat bekerja anda.

Jika artikel saya ini dapat membantu anda mengurangi biaya yang anda keluarkan setiap bulannya untuk membayar tagihan listrik, anda dapat membagi artikel saya ini kepada teman-teman anda.

Terima Kasih telah membaca.
Tips Bagaimana Cara Menghemat Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dedy Fermana

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.