Cara Mengirim Lamaran Lewat Email. Email merupakan aplikasi internet yang berguna untuk membuat dan mengirim surat secara elektronik. Jadi dengan melalui email kita bisa mengirim surat, file ke orang maupun perusahaan secara cepat.
Banyak kegunaan email di antaranya email juga digunakan oleh perusahaan untuk menerima lamaran kerja, untuk bisnis dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email google. Jadi bagi anda yang ingin mengetahui cara melamar pekerjaan lewat email, sangat penting untuk mengikuti tutorial saya kali ini.
Saya akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran lewat email dengan menggunakan layanan email google. Jadi apa saja langkah-langkah atau cara untuk mengirim lamaran lewat email?
Jika anda ingin mengirim lamaran menggunakan yahoo, anda dapat menuju ke link yang telah saya buat dengan judul cara melamar kerja lewat email
Sebelum memulai menjelaskan cara langkah demi langkah mengirim lamaran lewat email, tentu saja ada syarat dan kebutuhan yang harus anda miliki.
.
1. Memiliki Browser
Hal yang paling penting dalam mengirim lamaran lewat email adalah dibutuhkan browser. Browser berfungsi untuk mengakses email yang akan anda gunakan untuk mengirim lamaran.
2. Memiliki Akun email
Anda harus memiliki akun email google yang akan anda gunakan untuk mengirim lamaran. Bagi yang belum memiliki akun email, bisa membuat akun email dengan mengikuti panduan langkah demi langkah pada artikel tutorial yang telah saya buat dengan judul bikin email baru google
3. Koneksi Internet
Untuk mengirimkan lamaran lewat email, dibutuhkan koneksi internet yang cukup stabil. Stabil maksudnya, tidak putus-putus (disconnect) atau koneksinya lambat. Biasanya koneksi yang lambat dan putus-putus terkadang bisa menyebabkan kegagalan dalam pengiriman email.
4. Lamaran yang akan dikirim
Pada contoh tutorial mengirim lamaran ini, lamaran kerja yang anda kirim dalam bentuk pesan yang disertai dengan file CV (curriculum vitae), surat lamaran, dan gambar ijazah.
5. Alamat akun email perusahaan yang di tuju
Alamat email dari perusahaan yang akan dituju. Alamat ini harus benar karena jika alamat salah maka lamaran yang dikirim lewat email tidak akan sampai
Sebelum memulai lebih lanjut. Pada tutorial ini saya misalkan akun email saya adalah sugandi.gandi2302@gmail.com sedangkan akun email perusahaan adalah dispha.it.solution@gmail.com
Jadi saya akan mengirim surat lamaran ke email dispha.it.solution@gmail.com sebagai email perusahaan.
Sebelumnya anda siapkan dulu lamaran yang akan anda kirim.
Pada artikel saya kali ini saya akan mengirimkan 3 file sebagai pendukung lamaran yang akan saya kirim lewat email. File tersebut antara lain sugandi lamaran.doc , sugandi cv.doc dan ijazah.jpg. Ketiga file tersebut akan saya kirimkan ke dispha.it.solution@gmail.com.
Berikut cara mengirim lamaran lewat email google yang akan saya terangkan secara detail. Langkah-langkah untuk mengirim lamaran lewat email google antara lain:
1. Ketikkan di url browser http://gmail.com atau anda bisa mengklik link http://gmail.com.
2. Login ke email anda dengan memasukkan id email dan password anda pada gmail anda. Gambar di bawah terdiri dari 2 gambar, yang pertama adalah gambar untuk memasukkan id email anda (gambar 1), sedangkan gambar kedua adalah (Gambar 2) tampil ketika anda menekan tombol Berikutnya pada gambar 1. Pada gambar 2 anda dapat memasukkan password dari email anda.
Masukkan id email dan password pada kotak atau text box yang terdapat pada halaman login masukkan id email dan masukkan password seperti tampak pada gambar di bawah
Pada gambar 1anda dapat memasukkan id email anda, contoh pada gambar di atas (gambar 1) saya memasukkan alamat email saya sugandi.gandi2302. Kemudian saya tekan tombol Berikutnya (gambar 1).
Jika akun id email yang anda masukkan telah terdaftar pada google. Maka halaman masukkan password akan muncul (gambar 2), jika salah maka anda akan tetap pada halaman masukkan id email (gambar1).
Pada gambar 2 saya memasukkan password dan menekan tombol Masuk. Jika password yang saya masukkan salah, maka akan muncul pesan kesalahan akses. Jika benar maka anda akan masuk ke mailbox.
3. Halaman mailbox
Anda akan melihat halaman mailbox (gambar 3) jika langkah ke 2 telah anda masukkan dengan benar.
Untuk mengirim lamaran kerja anda lewat email, anda bisa mengklik tombol tulis di sebelah kiri. Jika anda menekan tombol Tulis maka pada halaman browser anda akan tampil kotak / form untuk penulisan email yang bisa anda lihat pada gambar 4.
4. Halaman tulis email
Pada halaman tulis email seperti pada gambar 4 di bawah, anda bisa menuliskan dan mengirimkan lamaran anda melalui form tulis email. Dengan mengisikan email tujuan (Kepada), Judul (Subjek), Isi email dengan benar barulah anda bisa mengirimkan lamaran kerja anda melalui email.
Berikut gambar 5, tentang contoh pengisian email yang akan dikirim kepada perusahaan. Gambar 5 di bawah merupakan pengiriman email belum disertai dengan file pendukung lamaran (surat lamaran, cv dan ijazah). Untuk pengiriman file ini tergantung kreasi anda masing-masing. Anda bisa memasukkan cv, lamaran dan ijazah dalam satu file doc atau memisahkannya kemudian menkompresnya dalam file zip.
Berikut untuk menambahkan surat lamaran berupa file yang anda simpan dalam doc, atau pdf, anda dapat mengklik icon file (gambar 6) seperti yang terdapat pada form tulis email
Setelah icon kirim file anda klik, maka akan muncul jendela untuk memilih file-file apa saja yang akan anda kirim untuk pendukung lamaran kerja anda. Anda bisa melihat jendela Open, jendela menampilkan folder-folder dan file pada hardisk anda. Anda bisa memilih file yang akan anda sertai untuk email lamaran anda. Lihat gambar 7 yang merupakan gambar jendela Open
Anda bisa memilih file yang akan anda kirim dengan mengklik file (klik folder tempat anda menyimpan file yang akan dikirim). Setelah file terpilih tekan tombol Open. Maka anda akan melihat file yang anda pilih pada gambar 8.
Gambar 8 menampilkan tiga file yang akan dikirm. Untuk mengirimkan 3 file anda dapat melakukannya pemilihan file sebanyak 3 kali. Klik icon kirim file Pilih file pertama yang akan anda kirim dan tekan tombol Open, setelah lakukan langkah yang sama untuk memilih file berikutnya, sampai file ketiga file yang akan anda kirim tampil di form kirim file. Setelah selesai memilih file dan melengkapi isian pada form tulis file, anda dapat menekan tombol Kirim untuk mengirim email yang telah siap anda kirim
5. Halaman email telah dikirim.
Pada gambar 9 ditampilkan pesan bahwa email yang anda kirim telah dikirim oleh mesin email gmail. Untuk mengetahui apakah email yang telah kita kirim berhasil atau tidak, kita bisa menunggu pesan kesalahan yang dikirim oleh gmail ke mailbox kita (lihat dalam 30 menit). Jika ada pesan kesalahan pengiriman berarti email gagal dikirim (gambar 10 contoh kegagalan pengiriman email), namun jika tidak ada email kesalahan yang diterima di mailbox kita, berarti email kita berhasil dikirim. Tanda panah merah pada gambar 10 merupakan pesan kesalahan pengiriman, anda bisa mengklik pesan tersebut jika ingin melihat dimana letak kesalahannya.
berikut contoh pesan kesalahannya, dari tanda merah di bawah berarti kesalahan karena id / alamat tujuan pengiriman salah (alamat pengiriman tidak ada "The email account that you tried to reach does not exist. Please try") :
Delivery to the following recipient failed permanently:
dispha.it.solution@gmail.com
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain gmail.com by gmail-smtp-in.l.google.com. [2607:f8b0:400c:c0f::1a].
The error that the other server returned was:
550-5.1.1 The email account that you tried to reach does not exist. Please try
550-5.1.1 double-checking the recipient's email address for typos or
550-5.1.1 unnecessary spaces. Learn more at
550 5.1.1 https://support.google.com/mail/answer/6596 i124si2648900vka.74 - gsmtp
----- Original message -----
DKIM-Signature: v=1; a=rsa-sha256; c=relaxed/relaxed;
d=gmail.com; s=20120113;
h=mime-version:from:date:message-id:subject:to;
bh=uPWNvsTj5n8B9NHLljUgjcjHg8z/Vz6Yzz+xeru3QL0=;
b=yugDArZst4VuVyjcEDaHXZc+oJg+JEELViZh2E/8rRlUh4Iy/u5M3aDhPLnkTSgtW0
Cva3NiFASTymopYahSXuBVche2MtjsYkN8BsE4ELUKVipn+0oVm6QPHlhUACtXLCUEw0
n2Rv4XBCGOHxBliC8PPNgju8pXuyh+AfEfu0PmDlDIRBrTtpjfAw9+LIOc48eMosBZXT
aQberWKgir591XvO7rFxWCNHZvtTcSM72es8ZhbDNtk7QK99XQJcZEDVHSOyPHOHqfvT
R9WJGQLZURaK+2h+CfMJUE3xtLTGlcSK6nbuHbRdX5GpJSHnXLxRG2rpWE7cpOb+Fxip
Jadi jika terjadi kesalahan seperti ini, berarti anda harus mengirim ulang email ke perusahaan tujuan anda melamar pekerjaan. Jika ada pertanyaan yang tidak anda pahami, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.
Banyak kegunaan email di antaranya email juga digunakan oleh perusahaan untuk menerima lamaran kerja, untuk bisnis dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran kerja lewat email google. Jadi bagi anda yang ingin mengetahui cara melamar pekerjaan lewat email, sangat penting untuk mengikuti tutorial saya kali ini.
Saya akan membahas bagaimana cara mengirim lamaran lewat email dengan menggunakan layanan email google. Jadi apa saja langkah-langkah atau cara untuk mengirim lamaran lewat email?
Jika anda ingin mengirim lamaran menggunakan yahoo, anda dapat menuju ke link yang telah saya buat dengan judul cara melamar kerja lewat email
Sebelum memulai menjelaskan cara langkah demi langkah mengirim lamaran lewat email, tentu saja ada syarat dan kebutuhan yang harus anda miliki.
.
1. Memiliki Browser
Hal yang paling penting dalam mengirim lamaran lewat email adalah dibutuhkan browser. Browser berfungsi untuk mengakses email yang akan anda gunakan untuk mengirim lamaran.
2. Memiliki Akun email
Anda harus memiliki akun email google yang akan anda gunakan untuk mengirim lamaran. Bagi yang belum memiliki akun email, bisa membuat akun email dengan mengikuti panduan langkah demi langkah pada artikel tutorial yang telah saya buat dengan judul bikin email baru google
3. Koneksi Internet
Untuk mengirimkan lamaran lewat email, dibutuhkan koneksi internet yang cukup stabil. Stabil maksudnya, tidak putus-putus (disconnect) atau koneksinya lambat. Biasanya koneksi yang lambat dan putus-putus terkadang bisa menyebabkan kegagalan dalam pengiriman email.
4. Lamaran yang akan dikirim
Pada contoh tutorial mengirim lamaran ini, lamaran kerja yang anda kirim dalam bentuk pesan yang disertai dengan file CV (curriculum vitae), surat lamaran, dan gambar ijazah.
5. Alamat akun email perusahaan yang di tuju
Alamat email dari perusahaan yang akan dituju. Alamat ini harus benar karena jika alamat salah maka lamaran yang dikirim lewat email tidak akan sampai
Sebelum memulai lebih lanjut. Pada tutorial ini saya misalkan akun email saya adalah sugandi.gandi2302@gmail.com sedangkan akun email perusahaan adalah dispha.it.solution@gmail.com
Jadi saya akan mengirim surat lamaran ke email dispha.it.solution@gmail.com sebagai email perusahaan.
Sebelumnya anda siapkan dulu lamaran yang akan anda kirim.
Pada artikel saya kali ini saya akan mengirimkan 3 file sebagai pendukung lamaran yang akan saya kirim lewat email. File tersebut antara lain sugandi lamaran.doc , sugandi cv.doc dan ijazah.jpg. Ketiga file tersebut akan saya kirimkan ke dispha.it.solution@gmail.com.
Berikut cara mengirim lamaran lewat email google yang akan saya terangkan secara detail. Langkah-langkah untuk mengirim lamaran lewat email google antara lain:
1. Ketikkan di url browser http://gmail.com atau anda bisa mengklik link http://gmail.com.
2. Login ke email anda dengan memasukkan id email dan password anda pada gmail anda. Gambar di bawah terdiri dari 2 gambar, yang pertama adalah gambar untuk memasukkan id email anda (gambar 1), sedangkan gambar kedua adalah (Gambar 2) tampil ketika anda menekan tombol Berikutnya pada gambar 1. Pada gambar 2 anda dapat memasukkan password dari email anda.
Masukkan id email dan password pada kotak atau text box yang terdapat pada halaman login masukkan id email dan masukkan password seperti tampak pada gambar di bawah
Gambar 1 Login Masukkan id email |
Gambar 2 Login email masukkan password gmail |
Pada gambar 1anda dapat memasukkan id email anda, contoh pada gambar di atas (gambar 1) saya memasukkan alamat email saya sugandi.gandi2302. Kemudian saya tekan tombol Berikutnya (gambar 1).
Jika akun id email yang anda masukkan telah terdaftar pada google. Maka halaman masukkan password akan muncul (gambar 2), jika salah maka anda akan tetap pada halaman masukkan id email (gambar1).
Pada gambar 2 saya memasukkan password dan menekan tombol Masuk. Jika password yang saya masukkan salah, maka akan muncul pesan kesalahan akses. Jika benar maka anda akan masuk ke mailbox.
3. Halaman mailbox
Anda akan melihat halaman mailbox (gambar 3) jika langkah ke 2 telah anda masukkan dengan benar.
Gambar 3 Mailbox gmail |
Untuk mengirim lamaran kerja anda lewat email, anda bisa mengklik tombol tulis di sebelah kiri. Jika anda menekan tombol Tulis maka pada halaman browser anda akan tampil kotak / form untuk penulisan email yang bisa anda lihat pada gambar 4.
4. Halaman tulis email
Pada halaman tulis email seperti pada gambar 4 di bawah, anda bisa menuliskan dan mengirimkan lamaran anda melalui form tulis email. Dengan mengisikan email tujuan (Kepada), Judul (Subjek), Isi email dengan benar barulah anda bisa mengirimkan lamaran kerja anda melalui email.
Gambar 4 form tulis email |
Berikut gambar 5, tentang contoh pengisian email yang akan dikirim kepada perusahaan. Gambar 5 di bawah merupakan pengiriman email belum disertai dengan file pendukung lamaran (surat lamaran, cv dan ijazah). Untuk pengiriman file ini tergantung kreasi anda masing-masing. Anda bisa memasukkan cv, lamaran dan ijazah dalam satu file doc atau memisahkannya kemudian menkompresnya dalam file zip.
Gambar 5 contoh penulisan lamaran pada email |
Berikut untuk menambahkan surat lamaran berupa file yang anda simpan dalam doc, atau pdf, anda dapat mengklik icon file (gambar 6) seperti yang terdapat pada form tulis email
Gambar 6 icon kirim file |
Setelah icon kirim file anda klik, maka akan muncul jendela untuk memilih file-file apa saja yang akan anda kirim untuk pendukung lamaran kerja anda. Anda bisa melihat jendela Open, jendela menampilkan folder-folder dan file pada hardisk anda. Anda bisa memilih file yang akan anda sertai untuk email lamaran anda. Lihat gambar 7 yang merupakan gambar jendela Open
Gambar 7 Jendela Open |
Anda bisa memilih file yang akan anda kirim dengan mengklik file (klik folder tempat anda menyimpan file yang akan dikirim). Setelah file terpilih tekan tombol Open. Maka anda akan melihat file yang anda pilih pada gambar 8.
Gambar 8 contoh pilih file |
Gambar 8 menampilkan tiga file yang akan dikirm. Untuk mengirimkan 3 file anda dapat melakukannya pemilihan file sebanyak 3 kali. Klik icon kirim file Pilih file pertama yang akan anda kirim dan tekan tombol Open, setelah lakukan langkah yang sama untuk memilih file berikutnya, sampai file ketiga file yang akan anda kirim tampil di form kirim file. Setelah selesai memilih file dan melengkapi isian pada form tulis file, anda dapat menekan tombol Kirim untuk mengirim email yang telah siap anda kirim
5. Halaman email telah dikirim.
Pada gambar 9 ditampilkan pesan bahwa email yang anda kirim telah dikirim oleh mesin email gmail. Untuk mengetahui apakah email yang telah kita kirim berhasil atau tidak, kita bisa menunggu pesan kesalahan yang dikirim oleh gmail ke mailbox kita (lihat dalam 30 menit). Jika ada pesan kesalahan pengiriman berarti email gagal dikirim (gambar 10 contoh kegagalan pengiriman email), namun jika tidak ada email kesalahan yang diterima di mailbox kita, berarti email kita berhasil dikirim. Tanda panah merah pada gambar 10 merupakan pesan kesalahan pengiriman, anda bisa mengklik pesan tersebut jika ingin melihat dimana letak kesalahannya.
berikut contoh pesan kesalahannya, dari tanda merah di bawah berarti kesalahan karena id / alamat tujuan pengiriman salah (alamat pengiriman tidak ada "The email account that you tried to reach does not exist. Please try") :
Delivery to the following recipient failed permanently:
dispha.it.solution@gmail.com
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain gmail.com by gmail-smtp-in.l.google.com. [2607:f8b0:400c:c0f::1a].
The error that the other server returned was:
550-5.1.1 The email account that you tried to reach does not exist. Please try
550-5.1.1 double-checking the recipient's email address for typos or
550-5.1.1 unnecessary spaces. Learn more at
550 5.1.1 https://support.google.com/mail/answer/6596 i124si2648900vka.74 - gsmtp
----- Original message -----
DKIM-Signature: v=1; a=rsa-sha256; c=relaxed/relaxed;
d=gmail.com; s=20120113;
h=mime-version:from:date:message-id:subject:to;
bh=uPWNvsTj5n8B9NHLljUgjcjHg8z/Vz6Yzz+xeru3QL0=;
b=yugDArZst4VuVyjcEDaHXZc+oJg+JEELViZh2E/8rRlUh4Iy/u5M3aDhPLnkTSgtW0
Cva3NiFASTymopYahSXuBVche2MtjsYkN8BsE4ELUKVipn+0oVm6QPHlhUACtXLCUEw0
n2Rv4XBCGOHxBliC8PPNgju8pXuyh+AfEfu0PmDlDIRBrTtpjfAw9+LIOc48eMosBZXT
aQberWKgir591XvO7rFxWCNHZvtTcSM72es8ZhbDNtk7QK99XQJcZEDVHSOyPHOHqfvT
R9WJGQLZURaK+2h+CfMJUE3xtLTGlcSK6nbuHbRdX5GpJSHnXLxRG2rpWE7cpOb+Fxip
Jadi jika terjadi kesalahan seperti ini, berarti anda harus mengirim ulang email ke perusahaan tujuan anda melamar pekerjaan. Jika ada pertanyaan yang tidak anda pahami, anda dapat meninggalkan komentar di bawah.
0 komentar:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.